Anak Buah Irjen Fadil Bantu Terbitkan Izin Puluhan UMKM di Ibu Kota

Dirkrimum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Auliansyah Lubis
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Mayelday Simbolon

VIVA Metro – Polda Metro Jaya membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lewat program kampung tangguh jaya. Puluhan pelaku UMKM dipermudah dalam proses kepengurusan perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Hal tersebut diungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Auliansyah Lubis. Kata dia, pihaknya juga membantu pengurusan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Hari ini sendiri, sebanyak 30 pelaku UMKM mengikuti penguatan di Markas Polda Metro Jaya.

"Total 68 UMKM di Kampung Tangguh Jaya (KTJ), yang terdiri atas 4 UMKM difasilitasi proses kepengurusan perizinan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan 64 UMKM Kampung Tangguh Jaya, difasilitasi kepengurusan IUMK (Izin Usaha Mikro & Kecil),” kata dia di Mapolda Metro Jaya, Jumat 21 Oktober 2022.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Ilustrasi UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Menurutnya, penguatan UMKM bertujuan untuk terus mengembangkan UMKM, agar bergeliat secara ekonomi dalam menghadapi tantangan global dan ekonomi pasca pandemi COVID-19. Apalagi, lanjut Auliansyah, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran selalu mengingatkan bahwa tugas pokok Polri dalam Undang-Undang meliputi pemeliharaan harkamtibmas, penegakan hukum, pelindung, pengayom dan pelayan kepada masyarakat.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

"Untuk itulah, Ditreskrimsus juga terus melayani warga sesuai dengan tugas, pokok, fungsi (tupoksi). Dalam hal ini, Subdit I Indag Ditreskrimsus telah memfasilitasi UMKM di Kampung Tangguh Jaya wilayah Mampang dan Kalibata, agar dapat berdaya secara ekonomi dengan memiliki surat-surat resmi berusaha,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pelaku UMKM yang mengikuti penguatan bernama Muslikah membenarkan kalau dia dan pelaku UMKM lain dibantu untuk menerbitkan surat-surat oleh Subdirektorat Industri dan Perdagangan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Muslikah mengaku merupakan pedagang singkong krispy.
 
“Kami sangat berterima kasih dengan terbitnya surat-surat yang dibantu oleh indag krimsus. Ditambah hari ini, kami berjualan di polda, semuanya ludes terbeli. Padahal biasanya, sehari belum tentu habis,” ujar Muslikah menambahkan.

Pemilik UMKM Galery Sekar Jawi, Septi Setiani.

Photo :
  • istimewa

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, membangun ratusan kampung tangguh di Jakarta, Depok, Tangerang sampai Bekasi (Jadetabek) untuk menekan penyebaran COVID-19. Dia menyampaikan Kampung Tangguh Jaya merupakan replikasi dari Kampung Tangguh Semeru yang pernah ia bangun saat menjadi kapolda Jawa Timur yakni hingga 1.559 kampung.

"Program hasil kolaborasi dan sinergisitas bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, Forkominda, perguruan tinggi, rekan-rekan media, kelompok pengusaha dan seluruh komponen masyarakat sampai ke tingkat RT," kata Fadil melalui keterangan persnya, Selasa, 12 Januari 2021.

Fadil mengatakan, program itu mendapat sambutan positif dari Presiden Joko Widodo, kapolri, panglima TNI, sehingga diadopsi menjadi program nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara.

Menurutnya, konsep Kampung Tangguh Jaya yang dikembangkan di wilayah DKI Jakarta menggunakan pendekatan berbasis POP (Problem Oriented Policing) melalui upaya scanning, analysis, response, dan assessment. Kemudian, dalam penerapannya mengedepankan beberapa langkah-langkah sentral, seperti transformation organization, community partnership, problem solving, dan community mobilitation.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya