Kelanjutan Program Rumah DP Nol Rupiah di Jakarta Masih Belum Ada Kejelasan

Rusun DP nol rupiah.
Sumber :
  • Dokumentasi Pemprov DKI.

VIVA Politik – Program rumah DP Nol Rupiah sepeninggalan Gubernur Anies Baswedan, sampai saat ini masih belum jelas kelanjutan. Sejak ditunjuknya menjadi Penjabat Gubernur (Pj) Jakarta, Heru Budi Hartono belum menentukan sikap apakah melanjutkan program tersebut atau tidak.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko menyebutkan bahwa sampai saat ini pihaknya masih belum mendapatkan instruksi terkait program tersebut.

“Kami juga masih menunggu arahan kebijakan Pak Pj Gubernur berkaitan dengan perumahan, permukiman dan salah satu yang digagas adalah yang kami coba taruh adalah soal DP Nol Rupiah,” kata Sarjoko kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 27 Oktober 2022.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Sarjoko melanjutkan, pihaknya telah melaporkan kepada Heru Budi terkait program-program yang sudah dikerjakan oleh jajarannya dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami juga sudah melaporkan kepada Pak Pj Gubernur terkait dengan apa yang sudah kami lakukan beberapa tahun terakhir khususnya pada rentang RPJMD 2017-2022,” katanya.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Lebih lanjut, Sarjoko juga mengharapkan di bawah pimpinan Heru Budi Hartono bisa terus melanjutkan penataan kampung. Akan tetapi, ia menyerahkan sepenuhnya konsep untuk penataan tersebut.

“Lebih spesifik berkaitan dengan penataan pemukiman, tentu ini menjadi concern beliau juga karena berkaitan dengan bagaimana melakukan upaya penataan pemukiman dengan meminimalisir potensi kerawanan yang lain,” jelasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengatakan bahwa program hunian rumah DP Nol Rupiah akan tetap berlanjut. Walaupun dirinya nanti sudah tidak menjabat sebagai Gubernur DKI. Karena sudah ada aturan mengenai pembangunan hunian bagi warga Jakarta.

“Iya tetap berlanjut (program DP Nol Rupiah) dan ini justru pakai aturan. Saya bekerja dengan institusi bukan dengan personality,” kata Anies.

Dengan aturan yang sudah ada, siapa pun penggantinya sebagai Gubernur DKI akan terus melanjutkan dan menyelesaikan program tersebut. Juga dia mengatakan, program rumah DP Nol Rupiah ini juga dilakukan dengan pihak swasta. 

“Jadi ini skemanya adalah pihak swasta yang memiliki tanggung jawab, punya kewajiban yang ditunjukkan dengan membangun rumah konsep DP Nol Rupiah,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya