Polda Metro Turunkan 8.000 Personel Jaga Keamanan Nataru di Jadetabek

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan
Sumber :
  • VIVA/FO

VIVA Metro – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya menerjunkan sebanyak 8.000 personel guna mengawal kegiatan natal dan tahun baru (nataru). Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.

4 Polisi yang Ditangkap Pesta Narkoba di Depok Cuma Direhab

"(Jumlah personel) 8.000 lebih ya," ucap Zulpan kepada wartawan, Jumat 16 Desember 2022.

Ilustrasi Ibadah Natal

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangsel, Polisi Amankan TKP

Kata dia, ribuan personel ini bukan cuma menjaga keamanan saat nataru di Ibu Kota, tapi juga di wilayah penyangga Jakarta seperti Bekasi, Depok hingga Tangerang.

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu mengatakan, pihaknya bakal melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait pengamanan nataru. Dalam rapat itu akan membahas seputar pelaksanaan nataru.

Pesawat Jatuh di BSD Tangsel, Tiga Orang Meninggal Dunia

"Untuk tingkat daerah khususnya Polda Metro Jaya akan segera melakukan rapat koordinasi tingkat Provinsi DKI," katanya.

Zulpan menambahkan pola pengamanan nataru tahun ini tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Bedanya cuma di tempat-tempat keramaian saat ini sudah tak ada pembatasan akibat pandemi virus COVID-19.

"Yang berbeda adanya perbedaan ketentuan tempat-tempat hiburan dan tempat-tempat keramaian yang sudah berbeda dengan tahun lalu. Nanti kita update ya kalau sudah rakor dengan lintas sektoral di Provinsi Jakarta," ujar dia lagi.

Ibadah Natal di Gereja Katedral Jakarta

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Sebagaimana diketahui, Polri siap menggelar Operasi Lilin 2022 terkait pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Sebanyak 166 ribu personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan tersebut. 

"Saya kira secara menyeluruh 166 ribu orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di kepolisian disebut operasi lilin," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rupatama Mabes Polri, Jumat 16 Desember 2022.

Sigit menjelaskan, operasi Lilin tersebut akan digelar mulai dari 22 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023 mendatang. Sigit menegaskan bahwa pihaknya akan berusaha dengan maksimal agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun berjalan dengan lancar. 

"Operasi lilin akan mulai berjalan kurang lebih 11 hari lagi. Mulai kita laksanakan di tanggal 22 atau 23 Desember 2022 hingga tanggal 3 Januari 2023," katanya.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya