Situasi Lalin Awal Tahun 2023, Jalur Puncak Arah Jakarta Diberlakukan Satu Arah

Sorot Jalur Mudik - Jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA Metro – Lalu lintas (lalin) dari arah Puncak, Bogor, Jawa Barat telah diberlakukan satu arah siang ini ke arah DKI Jakarta. Petugas call center PT Jasamarga, Emma, mengatakan one way ke Jakarta telah berlaku sejak pukul 11.07 WIB. 

808 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

"Untuk Puncak informasinya saat ini satu arah untuk turun (arah Jakarta). Informasi pertama kali sekitar 11.07 WIB," ujar Emma saat dihubungi wartawan, Minggu 1 Januari 2023.

Emma mengatakan, pihaknya tidak memantau arus lalu lintas di Puncak. Hanya, untuk di Tol Gadog hingga ke arah Jakarta, saat ini terpantau lancar. 

Urai Kepadatan Lalu Lintas, Jasamarga Terapkan Contra Flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Suasana jalan di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

"Pantauan kami dari Gadog, dari Gadog, Ciawi, Cibubur sampai dengan Cawang lancar," kata dia.

Cetak Laba Bersih 2023 Rp 6,8 Triliun, Jasa Marga Bagikan Dividen Rp 274,8 Miliar

Adapun informasi awal mengenai one way Puncak ke arah Jakarta terpampang dalam media sosial Jasamarga.  "12.00 WIB #Tol_Jagorawi Puncak DIBERLAKUKAN Satu Arah Prioritas Turun," cuit @ptjasamarga.

"12.00 WIB #Tol_Jagorawi Cawang - TMII - Cibubur - Bogor - Ciawi LANCAR. ; Ciawi - Bogor - Cibubur  - TMII - Cawang LANCAR," tulis Jasamarga melalui akun Twitter.

Sebagai informasi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi menyebut arus lalu lintas di malam tahun baru masih normal. Dia pun mengapresiasi masyarakat karena telah meminimalisir mobilitas.

Hal itu disampaikan Kakorlantas saat meninjau pos PAM Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kakorlantas bersama pejabat utama Korlantas mengendarai motor kala meninjau pos PAM tersebut. 

"Alhamdulillah kerja sama masyarakat, sampai hari ini dari data yang kita lihat di posko tidak terlalu menunjukkan angka  yang signifikan. Ada peningkatan di antara hari-hari sebelumnya, tapi masih dalam batas normal," ujar Firman di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jumat, 31 Desember 2021.

Dalam kesempatan itu, Firman juga meninjau arus lalin dari arah Jakarta menuju Gadog terkait Operasi Lilin 2021. Dia bilang, prediksi peningkatan arus lalin akan terjadi di malam pergantian tahun nanti.

"Memastikan pengaturan yang sudah disiapkan oleh jajaran, khususnya di Polres Bogor, ini hanya prediksi. Sekali lagi ini, hanya prediksi bahwa karena tahun baru itu akan terjadi nanti malam," ucapnya.

Suasana jalan di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Selanjutnya, Firman mengaku bakal kembali ke Jakarta. Nantinya, Firman akan mengecek jajaran Polda Metro Jaya terkait pengamanan dan pelayanan malam tahun baru di Ibu Kota.

Lebih lanjut, dia pun mengimbau semua pihak agar selalu menaati protokol kesehatan. Dia juga mengapresiasi masyarakat yang merayakan malam tahun baru di rumah.

"Sekali lagi, saya juga mengapresiasi warga masyarakat yang akan merayakan tahun baru bersama keluarga di rumah," kata Firman.

"Tetap menjaga protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, jangan berada pada kerumunan yang banyak untuk waktu yang cukup panjang," lanjut dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya