Warga Rusun Marunda Kesulitan Dapat Air Bersih Sejak Dua Tahun Terakhir

Rusun Marunda. (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA Metro – Warga yang tinggal di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara mengeluh karena sulit mendapatkan akses air bersih.

Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta mengungkap masalah sulitnya akses air bersih ini sudah dialami penghuni Rusun Marunda sejak dua tahun terakhir. 

"Setahu saya, itu sudah dua tahun terakhir keluhan (sulit mendapatkan air bersih)," kata Kepala Dinas  Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta, Sarjoko kepada wartawan, seperti dikutip, Jumat, 17 Februari 2023.

Dana Habis untuk Nyaleg, Caleg PKS di Cilegon Putuskan Bantuan Saluran Air Bersih untuk Warga

Suasana di Rusun Marunda, Jakarta Utara.

Photo :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

Dikatakan Sarjoko, selama ini penghuni Rusun Marunda menganggap suplai air bersih dari PAM Jaya telah cukup. Namun, kenyataannya, debit air yang disuplai belum maksimal.

Heru Budi: Warga Muara Kamal Biasanya Beli Air Bersih Rp300 Ribu per Bulan

"Kendalanya itu sekali lagi dari suplai, kalau suplai itu kan domainnya PAM Jaya. Sementara dari sisi internal, dari pompa-pompa kita normal semua," ungkapnya. 

Sarjoko belum dapat memastikan apakah permasalahan air bersih masih terus melanda penghuni Rusunawa Marunda hingga saat ini. 

Sebab, setahu dirinya, PAM Jaya sudah mengirimkan mobil tangki ke Rusunawa tersebut sebagai solusi masalah air bersih. Sedikitnya, ada 10 mobil tangki air bersih yang disuplai PAM Jaya pada Rabu, 15 Februari 2023.

"Artinya, kekurangan suplai itu diselesaikan dengan mobil tangki. Mudah-mudahan ini bisa menyelesaikan permasalahan kesulitan air di sana. Bisa mengcover kebutuhan air bersih bagi penghuni di sana," paparnya. 

Selain menyuplai tangki air bersih, Sarjoko juga mengungkap PAM Jaya berencana untuk membuat reservoir komunal atau bak penampungan air di sekitar Rusunawa Marunda DKI Jakarta. Diharapkan, reservoir komunal itu bisa menjadi solusi akhir untuk mengatasi sulitnya akses air bersih tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya