Cerita Ketua RW 12 soal Aroma BBM Menyeruak Jelang Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Sebanyak 16 korban dikabarkan tewas akibat peristiwa kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023 malam. 

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Sebelum kebakaran terjadi, para warga di sekitar Depo Pertamina Plumpang lebih dulu mencium aroma bahan bakar minyak (BBM). Hal itu diungkap langsung oleh Ketua RW 12, Kampung Tanah Merah Bawah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Abdus.

Kata Abdus, wilayah pemukiman di sekitar Depo Pertamina Plumpang itu dipenuhi hawa BBM sebelum peristiwa kebakaran. Para warga pun ada yang muntah hingga pingsan akibat mencium aroma BBM yang terlalu kuat.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

"Ini sebelum dentuman ledakan itu, ini area, dua RW ini dipenuhi hawa BBM. Itu sampai-sampai ada yang muntah dan ada yang pingsan," ujar Abdus kepada wartawan, Sabtu, 4 Maret 2023.

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Dikatakan Abdus, pihaknya sempat mengimbau masyarakat untuk segera menjauh dari Depo Pertamina Plumpang usai aroma BBM menyeruak. Selang 30 menit kemudian, muncul dentuman keras hingga menimbulkan api yang membakar Depo Pertamina Plumpang. 

"Saat bau, itu tidak ada api. Kami pengurus sempat mengevakuasi warga dan woro-woro di masjid untuk warga agar segera menjauh," ungkapnya. 

"Jadi waktu setengah jam kita masih sempat mengevakuasi warga di sana, asli bau sekali. Jam 8 malam baru terjadi dentuman keras. Dentuman keras dari arah sana dan dampaknya hawa itu yang membawa api, padahal dentumannya di sana. Tapi kan ini merembet, mungkin dari BBM itu," sambung Abdus.

Sebelumnya diberitakan, Depo Pertamina di kawasan Plumpang, Koja, Jakarta Utara, kebakaran hebat pada Jumat malam, 3 Maret 2023. Dugaan sementara, Depo Pertamina Plumpang Kebakaran diawali oleh pipa bensin Pertamina yang diduga terkena sambaran petir.

"Informasi yang diterima, dugaan awal [akibat] tersambar petir," kata Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Abdul Wahid saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat malam. 

Sementara itu, korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, di Koja, Jakarta Utara kian bertambah. Terbaru, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo mengatakan jumlah korban hingga kini mencapai 16 orang. 

"Untuk yang saya terima data sejauh ini, sampai semalam kan 14. Hari ini tadi ada 15, sampai siang tadi ada 16," ujar Trunoyudo kepada wartawan di lokasi, Sabtu, 4 Maret 2023.

Meski begitu, Trunoyudo mengatakan pihaknya akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terkait jumlah korban akibat kebakaran itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya