Polisi Sediakan Rest Area Khusus Untuk Pemudik Motor, Ini Sejumlah Titiknya

Pemudik motor mulai padati jalur Pantura Cirebon.
Sumber :
  • tvOne-Erfan Septyawan

VIVA Metro – Polisi menyediakan tempat peristirahatan atau rest area berupa pos-pos pelayanan di jalur arteri keluar wilayah Ibu Kota, selama arus mudik. Rest area ini ditujukan bagi warga yang mudik dengan mengendarai sepeda motor.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

"Mulai jalur yang ke arah Timur mulai dari Halim Lama menyusuri Kalimalang sampai Jatiwaringin sudah kita dirikan pos," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Latif Usman kepada wartawan, Sabtu 15 April 2023.

Pemudik sepeda motor melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
1500 Orang Bakal Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Banteng, Polisi Lakukan Ini

Kata Latif selain ke arah timur, rest area untuk pemotor pun didirikan di wilayah perbatasan Jakarta ke arah barat. "Begitu juga yang ke arah Tangerang dari Daan Mogot sampai ke Tangerang menyusuri sampe perbatasan di Tangerang itu sudah siap," katanya 

Meski begitu, eks Dirlantas Polda Jawa Timur ini meminta kepada warga yang mau mudik agar sebisa mungkin bisa untuk tidak menggunakan sepeda motor. Tapi, apabila memang mereka tetap keukeuh mudik dengan roda dua, maka dia minta kepada pemudik yang menggunakan sepeda motor itu agar menjaga kondisi fisik. "Dan tidak memaksakan untuk berkendara dalam keadaan lelah," katanya.

11 Orang Ditangkap saat Polisi Gerebek 3 Rumah Mewah di Teluk Naga, Ternyata Markas Judi Online

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya memprediksi bakal ada dua gelombang puncak arus mudik pada lebaran tahun ini. Gelombang pertama berlangsung hari Jumat, 14 April 2023. 

"Diperkirakan puncak arus mudik terjadi dua gelombang atau dua waktu. Diperkirakan yang pertama arus mudik yaitu diprediksikan tanggal 14 April 2023, yang kedua pada waktu tanggal 18-19 April 2023," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis, 12 April 2023.

Pemudik dengan sepeda motor banyak melintas jalur Kali Malang, Bekasi

Photo :
  • VIVA.co.id/Dani

Prediksi ini berdasarkan pergerakan pemudik dari wilayah Ibu Kota ke sejumlah wilayah lainnya. Selain arus mudik, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini pun mengungkap prediksi puncak arus balik. 

Sama dengan puncak arus mudik, puncak arus balik dibagi jadi dua gelombang. Gelombang puncak arus balik pertama diprediksi terjadi pada tanggal 25 sampai 26 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya