Acara Lebaran Depok Dipenuhi Lebih dari 50 Ribu Orang

Suasana Lebaran Depok 2023
Sumber :
  • Galih Purnama (VIVA)

VIVA Metro – Lebih dari 50.000 orang datang di acara Lebaran Depok yang digelar di Garden at Candi Sawangan. Lebaran Depok ini sudah lima kali digelar dan selalu dipadati warga. Acara digelar selama empat hari sejak Kamis (17/5) dan ditutup Sabtu (20/5).

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Selama berlangsung, terdapat banyak acara yang digelar. Mulai dari parade budaya hingga festival kuliner. Ditampilkan juga musik Gambang Kromong, aneka tari dan acara seremoni di panggung utama. Lebaran Depok 2023 melibatkan 700 orang pengisi acara.

Tak kalah menarik, disuguhkan juga acara Motong Kebo Andil hingga tradisi rantangan. Acara yang berlangsung meriah ini digelar di lahan seluas 1.500 meter. 

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Suasana Lebaran Depok 2023

Photo :
  • Galih Purnama (VIVA)

“Ya, ini luar bisa, acara berjalan sukses. Setelah kami cek di kepanitiaan baik itu petugas parkir maupun keamanan, jumlah pengunjung dari hari pertama hingga hari terakhir mencapi 50 orang. Puncaknya terjadi pada, Jumat malam, jumlah pengunjung hampir mencapai 25 ribu,” kata Ketua Panitia Abdurrahman, Sabtu (20/5/2023).

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Pengunjung yang datang tidak hanya dari Kota Depok saja. Dia meyakini banyak juga warga luar Depok yang datang ke acara karena lokasi berbatasan dengan Pondok Cabe. 

“Rata-rata orang datang menghabiskan waktu 30 menit ya. Mereka antusias sekali,” ungkapnya.

Membludaknya pengunjung membuat girang penjual yang ikut serta di acara tersebut. Mereka mengaku dagangannya laris diserbu pembeli. Bahkan ada penjual es cendol yang mengantongi uang jualan hingga jutaan rupiah.

“Bukan dua kali lipat lagi, tapi hingga lima kali lipat penjualannya. Bahkan, sekelas tukang cendol saja meraup untung hingga Rp 5 juta selama event ini digelar. Itu baru tukang cendol, belum lagi ratusan penjual kuliner dan pakaian,” kata Kepala Dinas UMKM Depok, Dede Hidayat.

Dede mengatakan, dari 300 stand yang disiapkan, 100 diantaranya diisi oleh pelaku usaha yang mengikuti program Wira Usaha Baru (WUB). Ini adalah progeam milik Pemerintah Kota Depok.

Suasana Lebaran Depok 2023

Photo :
  • Galih Purnama (VIVA)

Acara semakin meriah dengan arak-arakan yang diikuti oleh 11 kecamatan dan OPD. Masing-masing kecamatan membawa sedikitnya 200 sampai 300 peserta dengan mengenakan pakaian adat serta membawa rantang dan makanan khas lebaran

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengaku bangga dengan keguyuban masyarakat Depok dalam memeriahkan Lebaran Depok.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kota Depok yang begitu antusias dalam memeriahkan Lebaran Depok. Tradisi ini akan terus kami rawat dan jaga agar generasi penerus tahu bahwa Depok memiliki tradisi seperti ini,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya