Sasar Generasi Muda di Tangerang Selatan, Koperasi Ini Manfaatkan Platform Digital

Ketua Koperasi Hartanah Makmur Sentosa Johny Gunawan (baju batik).
Sumber :
  • Dok.Koperasi Hartanah

Jakarta – Masyarakat Indonesia terutama generasi muda belum banyak yang melirik koperasi. Lantaran itu, Koperasi Hartanah sebagai salah satu koperasi konsumen, semakin serius dalam memperkenalkan manfaat koperasi kepada masyarakat di Tanah Air dari generasi ke generasi. 

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat Soroti Kesehatan Mental Generasi Muda Indonesia

Hal itu dikemukakan Ketua Koperasi Hartanah Makmur Sentosa Johny Gunawan. "Berdasarkan situasi perkembangan koperasi saat ini, tentu saja hal ini merupakan tugas dan tantangan kami sebagai pengurus Koperasi Konsumen Hartanah, untuk dapat turut serta dan juga mengambil bagian dalam pertumbuhan dan perkembangan koperasi Indonesia," ujar Johny dalam keterangannya, Kamis, 15 Juni 2023. 

Salah satu yang dilakukan yaitu dengan rutin melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap tahun. Kali ini, Koperasi Hartanah menggelar RAT tahun buku 2022 di 101 Urban Hotel Jakarta, Rabu, 14 Juni 2023. 

Perusahaan Ini Berani Mengubah Model Teknologi

Ilustrasi digital.

Photo :
  • Pixabay

Rapat anggota koperasi yang telah membuka kantor perwakilan pelayanan di Tangerang Selatan ini dilakukan dengan sistem hybrid. Sebab, kata Johny, pada prinsipnya Koperasi Hartanah merupakan koperasi primer nasional, dengan anggotanya yang tidak hanya ada di Jabodetabek namun juga di Surabaya, Bandung, Palembang, Medan, Bali, Sidoarjo, Sukabumi dan daerah-daerah lainnya.

Indonet Resmikan Layanan Digital Terbaru EDGE 2 dengan One-Stop Solution

Menurut dia, kegiatan ini sangat penting dilakukan karena merupakan bentuk pengendalian, agar koperasi dapat berada di alurnya sesuai fungsinya dan dapat merumuskan program ke depan sehingga penguatan ekonomi berjalan dengan baik.

“Pada tahun-tahun terakhir, koperasi di Indonesia telah mengadopsi transformasi digital yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar. Salah satu aspek utama dari transformasi digital koperasi adalah penggunaan platform dan aplikasi online," ujarnya. 

Dia mengatakan, banyak koperasi telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, untuk membangun platform digital yang memungkinkan anggota koperasi untuk mengakses informasi, melakukan transaksi, dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan secara online. 

"Ini menghilangkan hambatan geografis dan meningkatkan keterlibatan anggota, terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil,” kata Johny.

Dengan memanfaatkan platform digital, saat ini para anggota tidak perlu harus mendatangi kantor koperasi hanya untuk mendaftar dan menabung menggunakan aplikasi Koperasi Hartanah.

Menurut Johny, pihaknya selalu ingin memberikan yang terbaik kepada para anggotanya. Saat ini telah ada beberapa produk baru yang dapat menjawab kebutuhan para anggotanya dan masyarakat umum, khususnya generasi muda di Tangerang Selatan

Di antaranya Hartanah Mart untuk membantu UMKM, Gajian Sekarang dimana karyawan dapat mengambil gajian lebih awal, cicilan emas dan The 100 Club yang merupakan komunitas yang dapat membantu generasi muda untuk mencapai 100 juta pertama mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya