Pameran Helikopter Pertama di Indonesia, Waspadai Kemacetan di Bandara Soetta

Pameran Heli Expo Asia (Hexia) 2023 di Cengkareng Heliport, Tangerang
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

Tangerang - Pengguna jalan yang ada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, tepatnya di jalur Perimeter Selatan, diimbau untuk mewaspadai adanya kemacetan yang terjadi di kawasan setempat.

Ada Motor Listrik Harga Rp2 Jutaan di Pameran PEVS 2024

Hal ini lantaran, pada jalur tersebut terdapat pameran helikopter terbesar dan pertama kali hadir di Indonesia, tepatnya di Cengkareng Heliport, Tangerang yang dibuka per hari ini, Kamis, 15 Juni 2023.

CEO Heli Expo Asia, T. Iskandar Muda mengatakan, pihaknya memohon maaf atas kendala arus lalu lintas yang mungkin terjadi pada jalur tersebut.

7 Bandara Ditutup Sementara Akibat Erupsi Gunung Ruang

"Kita imbau agar pengguna jalan, kalau ada jadwal penerbangan bisa datang lebih cepat. Kami jiga telah koordinasi dengan pihak pengelola Bandara Soetta, untuk arus lalu lintasnya, agar tidak terlalu crowded," katanya, Kamis, 15 Juni 2023.

Lanjut dia, sekitar 40 personel akan diterjunkan untuk membantu kelangsungan acara dan arus lalu lintas di kawasan setempat.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Pameran Heli Expo Asia (Hexia) 2023 di Cengkareng Heliport, Tangerang

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

"Kita koordinasi dengan semua pihak, baik itu TNI-Polri, sampai avsec untuk membantu kami. Dan nantinya memang kalau terlalu padat, infonya akan ada rekayasa lalu lintas," ujarnya.

Diketahui, Indonesia akhirnya terpilih menjadi tuan rumah dalam pameran Heli Expo Asia (Hexia) 2023. Pameran helikopter ini, disebut juga sebagai yang pertama di Indonesia dengan skala besar.

Bukan hanya itu, dalam pameran yang akan hadir pada 15 hingga 18 Juni 2023 itu, para pengunjung buka cuma melihat miniatur halikopter saja, melainkan penyelenggara menampilkam secara langsung enam unit helikopter berbagai fungsi baik secara komersil, maupun non komersil.

Event berskala besar ini memiliki tujuan untuk menunjukkan adanya ketertarikan masyarakat pada moda transportasi udara tersebut. Terlebih, digunakan juga sebagai bentuk edukasi pada masyarakat soal operasional dan bagian helikopter yang jarang diketahui.

"Tidak hanya menampilkan koleksi helikopter terbaru dari pabrikan dan produsen, namun pengunjung pameran juga akan menyaksikan teknologi terkini dalam industri helikopter, serta kesempatan untuk berjumpa langsung dengan para pakar penerbangan terkemuka di Indonesia pada acara seminar penerbangan Hexia yang diadakan setiap harinya selama expo ini berlangsung," katanya.

Lanjut Iskandar, pada expo itu pun pengunjung akan diajak menaiki helikopter, serta diajarkan bagaimana cara menerbangkan helikopter menggunakan simulator yang tersedia di area expo.

"Jadi kita buka kesempatan pada pengunjung yang beruntung, untuk bisa menaiki helikopter, berkeliling di area Tangerang. Lalu, kami juga buka booth yang menyediakam simulator, disana pengunjung bisa belajar cara menerbangkan helikopter," ujarnya.

Pameran yang digelar di Cengkareng Heliport, Tangerang ini, ditargetkan dapat mendatangkan 7 ribu pengunjung dalam empat hari.

"Acara ini gratis, hanya perlu daftarkan diri saja. Dan kita target bisa mendatangkan tujuh ribu pengunjung selama empat hari. Tentu harapannya, masyarakat bisa teredukasi soal helikopter dan moda transportasi ini pun bisa diminati juga sebagai salah satu pilihan untuk bepergian dalam kota," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya