Pemprov DKI Akan Normalisasi Kali Baru untuk Atasi Banjir di Jalan Raya Bogor Kramat Jati

Ilustrasi banjir
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur berencana melakukan normalisasi Kali Baru untuk antisipasi banjir di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Pemkot Jaktim masih menunggu Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI guna proses normalisasi. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Jaktim, M Anwar.

"Ini akan dinormalisasi. Kita masih menunggu dari Dinas SDA. Informasinya untuk itu telah dianggarkan buat pembangunan sheet pile. Nanti sheet pile itu ditinggikan agar air tidak tumpah," kata dia kepada wartawan, Senin 19 Juni 2023.

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

Ilustrasi banjir di wilayah Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Bukan cuma normalisasi, untuk menanggulangi banjir di sana juga dengan crossing saluran air yang ada di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur. Upaya ini dilakukan supaya air yang ada di Kali Baru tidak meluap hingga kembali membanjiri jalan.

Ratusan Hektare Sawah di Bombana Sultra Gagal Panen akibat Banjir, Pemkab Minta Bantuan Pusat

"Kedua, kita akan crossing yang dari jalan DI Panjaitan. Supaya air itu dipecah agar tidak luber atau tumpah. Sementara kemarin ada yang runtuh kita perbaiki sementara," ujarnya.

Meskj begitu, dia mengaku tidak bisa memastikan waktu pengerjaan normalisasi Kali Baru itu. Kata dia, pihaknya masih menunggu Dinas SDA soal waktu pengerjaan normalisasi.

"Saya nunggu dari dinas SDA. Tugas kita kan hanya mengkoordinasikan. Buat pengerjaan ini ini, kemudian memakan waktu sekian hari. Lalu kira-kira seperti apa kalau berdampak (warga) harap maklum karena mereka membangun di bantaran kali. Dan sudah lama, bukan baru puluhan tahun," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkap penyebab banjir yang terjadi di kawasan Jalan Raya Bogor, simpang Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, pagi tadi. Kawasan tersebut diketahui kerap digenangi banjir saat hujan deras.

Kepala Sumber Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Yusmada Faizal menjelaskan air yang meluap sampai ke jalan raya lantaran air kiriman dari daerah Bogor, Jawa Barat. Hujan deras di Bogor membuat air datang sampai ke Kali Baru, Kramat Jati. "(Penyebabnya) Hujan di hulu," kata Yusmada kepada wartawan, Senin 19 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya