Dimakamkan di Lahan 4x2 Meter, Jenazah Fajri Pasien Obesitas Diangkut Pakai Forklift

Evakuasi jenazah Muhammad Fajri, pria obesitas 300 kg untuk dimakamkan
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Muhammad Fajri (27), pria obesitas dengan berat 300 kilogram meninggal dunia, usai mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada Kamis, 22 Juni 2023 dini hari tadi. Jenazah Fajri langsung dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan, pada Kamis siang pukul 14.38 WIB.

Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki Sebelum Meninggal Dunia

Jenazah Fajri dibawa mobil ambulans dari RSCM sekitar pukul 13.35 WIB. Proses evakuasi dari ruang jenazah ke ambulans terhadap jasad pria dengan berat 300 kg membutuhkan upaya ekstra. 

Evakuasi jenazah dipindahkan ke mobil ambulans berjalan dramatis dengan menggunakan forklift portable oleh tim pemulasaran jenazah dari RSCM, dengan melibatkan belasan personel Basarnas dan petugas Damkar

Dorman Borisman Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun

Evakuasi jenazah Muhammad Fajri, pria obesitas 300 kg, menuju pemakaman

Photo :
  • Ist

Setelah berhasil dipindahkan ke mobil ambulans, jenazah pria super gemuk tersebut kemudian langsung dibawa ke TPU Menteng Pulo.

Berawal Cabut Gigi Bungsu, Perempuan Ini Alami Infeksi hingga Meninggal Dunia

"Kami mengerahkan delapan personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat," kata Komandan Insiden Sistem Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat saat ditemui di Jakarta, Kamis, 22 Juni 2023.

Berdasarkan pantauan di lokasi, jenazah Fajri diturunkan dari ambulans oleh para personel Basarnas Kantor SAR Jakarta dengan menggunakan alat bantu angkat forklift manual pukul 14.03 WIB.

Jarak dari kantor TPU atau pintu masuk ambulans yang membawa Fajri ke liang lahat sepanjang 500 meter. Petugas sempat menemui kendala selama membawa jenazah ke liang kubur, lantaran jalan kecil dan bebatuan.

Kemudian, delapan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat telah berjaga dengan memasang tali katrol sistem "pulley" (pulley system) di dekat makam almarhum Fajri.

Makam almarhum Fajri berukuran 4x2 meter dan kedalaman 1,8 meter. Jenazah selanjutnya diturunkan ke liang lahat dengan menggunakan tali katrol yang sudah disiapkan dengan bantalan kayu. 

Liang makam Muhammad Fajri, pria obesitas 300 kg yang meninggal dunia di RSCM

Photo :
  • Ist

Diberitakan sebelumnya, Muhammad Fajri, meninggal dunia usai menjalani perawatan penyakit obesitasnya selama 14 hari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Pelaksana Tugas Direktur Pelayanan Operasional RSCM dr Renan Sukmawan mengatakan Fajri meninggal dunia pada Kamis dini hari tadi pukul 01.25 WIB.

"Tadi malam pukul 01.25 WIB setelah melalui usaha keras seluruh tim kami, baik medis non medis," ujarnya.

Selanjutnya, jenazah Fajri akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo hari ini. "Pihak RSCM juga terus berkoordinasi untuk proses selanjutnya, baik dengan DKI untuk pemakaman. Insyaallah rencananya akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo pada hari ini," ujarnya.
 
Fajri merupakan pasien obesitas yang diperkirakan pihak medis RSU Kota Tangerang berbobot tubuh lebih dari 260 kilogram sebelum dirujuk ke RSCM.

Kejadian itu dialami pasien setelah mengalami kecelakaan lalu lintas pada tiga tahun lalu. Peristiwa itu membuat Fajri hanya tergolek lemas di tempat tidur dan membuat tubuhnya membesar.

Muhammad Fajri, pria berbobot 300 Kg.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Dokter Spesialis Anestesi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo atau RSCM Jakarta, Sidharta Kusuma Manggala menyatakan pasien obesitas berbobot 300 kilogram Moch Fajri Rifana meninggal dunia akibat syok sepsis.

"Dalam perjalanannya (selama perawatan) infeksi di kakinya itu semakin berat, kemudian ada infeksi di bagian paru-parunya. Infeksi ini bisa kita bilang sebagai syok sepsis," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya