Menteri Basuki Sebut Rumput di Lapangan JIS Tak Sesuai Standar FIFA, Bakal Diganti

Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bersama dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau langsung kawasan Jakarta International Stadium (JIS).

Presiden FIFA Bangga dengan Pencapaian Timnas Indonesia: Bergerak ke Arah yang Benar

Peninjauan tersebut dalam rangka perbaikan dan persiapan untuk pergelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia. 

Pria yang akrab disapa Pak Bas ini mengatakan, ada beberapa fokus utama yang menjadi penting dalam perbaikan kawasan JIS, terutama rumput yang ada di lapangan.

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Basuki mengatakan, rumput di lapangan JIS tidak sesuai standar FIFA. Oleh sebab itu, rumput di dalam lapangan JIS akan diganti agar memenuhi standar.

"Hari ini kami melihat JIS, stadion yang bagus namun kami evaluasi, kalau nanti dievaluasi FIFA mudahan-mudahan bisa memenuhi standar, salah satu yang utama rumput," kata Basuki kepada wartawan, Selasa, 4 Juli 2023.

10 Pemain Timnas Indonesia di Game EA Sports FC 24, Ada Nathan Tjoe-A-On

Arsip foto - Lapangan utama JIS.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Dia mengatakan, kondisi rumput di berbagai stadion telah dievaluasi oleh ahlinya. Sehingga, rumput-rumput yang tidak memenuhi standar itu akan diperbaiki.

"Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk dalam standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang," ucapnya.

Oleh sebab itu, rumput di lapangan JIS akan diganti semua. Pembenahan rumput di lapangan JIS sangat penting diperbaiki agar stadion dapat digunakan 3 bulan ke depan.

"Namun ada solusinya. Kita akan ganti semua rumput tersebut sesuai ahlinya beliau, Pak Kamal sebagai ahli dan agronomi rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti, kalau mau 3 bulan bisa dipakai, itu untuk jangka pendek saja, mungkin jangka panjang mungkin harus diubah rumputnya. Jadi yang sekarang tak dapat memenuhi kriteria FIFA, untuk itu akan diganti rumput yang lain untuk dipakai U-17," ujarnya.

Sebagai informasi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo menjelaskan keinginan Jokowi untuk merenovasi JIS. Dito menyebutkan, Jokowi ingin JIS menjadi stadion yang sesuai standar FIFA. 

"Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini, karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar (FIFA)," kata Dito di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, pada Rabu, 28 Juni 2023. 

Dito juga menuturkan sejumlah catatan apabila JIS ditunjuk sebagai venue Piala Dunia U-17. Menurutnya, JIS masih memiliki pekerjaan rumah dari perbaikan akses keluar-masuk, hingga ketersediaan area parkir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya