JIS Dikritik Tak Sesuai Standar FIFA, PDIP: Kasihan Jakpro Bebannya Terlalu Berat

Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono
Sumber :
  • VIVA/Rizki Riyan

Jakarta - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memiliki beban berat lantaran mendapat kritikan dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir soal fasilitas Jakarta Internasional Stadion (JIS) yang belum memenuhi standar FIFA.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

"Kasihan Jakpro bebannya sudah terlalu berat, beban penugasannya yang diberikan kepada Jakpro terlalu berat. Akibat beban yang terlalu berat itu maka, karena memang sudah keberatan beban. Maka dalam konteks penyelenggaran itu kurang maksimal," ujar Gembong saat dihubungi, Senin, 3 Juli 2023.

Menurut Gembong, tugas memperbaiki fasilitas JIS sudah keluar dari core bisnis Jakpro. Sebab bidang olahraga bukan core utama JakPro.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

"Jakpro disuruh ngurusin persoalan olahraga, ya dia kan pasti enggak tahu, JakPro disuruh ngurusin kebudayaan ya dia pasti nggak tahu. Akibat ini lah hal yang dihasilkan tidak maksimal," katanya.

Jakarta Internasional Stadium

Photo :
  • Instagram: Anies Baswedan
Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

Sebagai informasi, Indonesia resmi ditunjuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-17, di mana salah satu stadion yang akan digunakannya adalah Jakarta International Stadium (JIS). Akan tetapi hal ini masih menjadi bahan pertimbangkan Ketum PSSI Erick Thohir.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan beberapa alasan Jakarta International Stadium tak layakan digunakan untuk gelaran Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada akhir tahun ini.

Erick Thohir mengatakan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) memiliki kendala akses penonton dan area parkir yang terbatas jika dipilih sebagai lokasi pertandingan sepak bola Piala Dunia U 17 2023.

"Stadion JIS juga pasti kita akan cek. Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang seharusnya ada empat pintu, baru terbuka satu pintu. Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter," tutur Menteri BUMN tersebut, dilansir berita viva sebelumnya, Rabu 28 Juni 2023.

Presiden Jokowi sudah memerintahkan Ketum PSSI Erick Thohir untuk mencarikan solusi mengenai masalah stadion. Pasalnya Stadion Gelora Bung Karno akan digunakan konser Coldplay pada 15 November. Sedangkan gelaran Piala Dunia U-17 di jadwalkan pada 10 November - 2 Desember 2023.

Sementara itu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pengelola Jakarta Internasional Stadium (JIS) menyatakan kesiapannya untuk menjadi venue ajang Piala Dunia U-17.

"Belum tahu [apakah JIS akan terpilih] tetapi kami, intinya, siap menyukseskan event internasional ini," kata Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin kepada wartawan, Rabu, 28 Juni 2023.

Kendati begitu, Iwan menyebut pihaknya sedang membahas terkait persiapan JIS, termasuk perbaikan yang harus dibenahi sebagai acuan untuk menjadi standar stadion Piala Dunia U-17.

"Pertemuannya membahas bagaimana menyukseskan ajang Piala Dunia tersebut dan apa saja yang menjadi concern untuk standar stadion yang akan digunakan Piala Dunia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya