Heru Budi Ungkap Kendala Pembangunan Stasiun KRL di JIS

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengungkapkan kendala pembangunan stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) di Jakarta International Stadion (JIS). Pembangunan itu bersinggungan dengan jalan tol, sehingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang mencari solusinya.

Juru Parkir Liar Minta Bayar, Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Lapor: Masuk Ranah Pidana

"Bersinggungan dengan pihak tol yang harus dipikirin," ujar Heru Budi Hartono kepada wartawan, Senin, 3 Juli 2023.

Kendati begitu, Heru memastikan proyek pembangunan KRL itu sedang berproses. Heru tidak menjelaskan secara detail terkait proses dan kapan stasiun KRL itu akan selesai serta siap digunakan masyarakat. "Sedang proses, sedang jalan," ujarnya.

Heru Budi Ingatkan Petugas Kesehatan Jangan Tolak Pasien TBC dari Luar Jakarta

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Sosialisasi Logo Resmi HUT ke-78 RI

Photo :
  • Youtube

Diketahui, saat ini hanya ada 3 rute Transjakarta dan 2 rute mikrotrans yang memiliki trayek langsung menuju JIS, yaitu JIS 3 (JIS- Harmoni), Rute 14 (JIS- Senen), Rute 10 K (Tanjung Priok- Senen via Taman BMW), Jak 77 (Tanjung Priok - Jembatan Item) dan Jak 88 (Tanjung Priok - Ancol Barat.

Kasus TBC di DKI Cukup Tinggi, Heru Budi Minta Camat Hingga Lurah Turun

Akibatnya, akses transportasi umum yang kurang membuat masyarakat kesulitan melakukan mobilisasi masuk dan keluar dari kawasan JIS.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya untuk mengoptimalkan transportasi umum ke Jakarta International Stadium (JIS) yang masih sangat terbatas. Melihat kondisi ini, mulai tahun depan, stasiun KRL sementara JIS ditargetkan mulai beroperasi. 

"Saat ini sedang dibangun untuk stasiun sementara di JIS yang kita harapkan pada tahun depan stasiun sementara ini bisa berfungsi. Pararel dengan itu akan ditingkatkan menjadi stasiun ultimate," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Kamis 9 Februari 2023.

Stasiun KRL ini rencananya akan dibangun di dua kawasan yaitu JIS sisi timur dan sisi barat setelah dari Tanjung Priok. Terakhir, pihak PT KAI sudah melakukan relokasi bedeng di kawasan tersebut tahun lalu.

Selain jalur KRL, Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Anies Baswedan menargetkan pembangunan rute LRT menuju JIS dalam Rancangan Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026. 

Namun Penjabat (Pj) Gubernur DKI saat ini, Heru Budi Hartono memutuskan untuk menunda pembangunan tersebut dan memprioritaskan pembangunan LRT rute Manggarai. 

Alasannya, Heru Budi melihat penumpukan penumpang di Manggarai menjadi lebih krusial dan harus cepat diatasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya