Pemprov DKI Targetkan Perbaikan Jalan Protokol Jelang KTT ASEAN 2023 Rampung Bulan Depan

Arsip warga menikmati suasana Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jalan Sudirman.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga menargetkan sejumlah jalan protokol yang diperbaiki jelang KTT ASEAN 2023 dapat rampung pada Agustus 2023. 

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo mengatakan, proses perbaikan jalan sampai saat ini masih dilakukan. Terutama jalan protokol di sekitar kawasan Medan Merdeka, MT Haryono, hingga Sudirman-Thamrin.

"Kita saat ini sedang memperbaiki jalan-jalan protokol, terutama menghadapi KTT ASEAN ya. Jadi beberapa ruas sudah dipetakan, jadi mulai dari Thamrin, Sudirman, Medan Merdeka, MT Haryono, itu sedang kita kerjakan," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

"(Paling banyak) itu di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, paling banyaknya tapi sebagian ada di Jakarta Timur. Jadi ya jalurnya peserta KTT ASEAN," ujarnya.

Heru menyebutkan, sejauh ini sudah 40 sampai 50 persen jalan protokol yang sudah diperbaiki. Pihaknya menargetkan agar proses perbaikan jalan protokol ini rampung pada Agustus 2023 mendatang.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Seorang polisi bersiaga di area kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Photo :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

"Ya mungkin ada 40 sampai 50 (persen) jalan yang kita perbaiki. Jadi kita harapkan di Agustus sudah selesai semua," kata Heru.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bakal ada 14 jalan protokol di Ibu Kota yang akan diperbaiki jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menjelaskan belasan ruas jalan yang bakal diperbaiki itu telah diserahkan perawatannya dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah sejak tahun 2012.

"Nggak, semua. Jadi kan ada yang 14 ruas jalan nasional di tahun 2012 itu sudah diserahkan ke Pemda DKI. Ya harus kita rawat, terutama tentunya KTT ASEAN,” kata Heru Budi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Heru menambahkan, dari total 14 ruas jalan itu sudah diperbaiki jelang KTT ASEAN. Nantinya, Heru akan memantau langsung jalan-jalan protokol di Ibu Kota yang akan diperbaiki. "Cawang kan sudah, saya lihat tadi pagi di mana ya, di Pesing (sudah diperbaiki). Nanti saya ke ujung-ujung Jakarta saya lihat," ujarnya.

Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke 42 dan 43 tahun 2023. KTT ASEAN ke 42 digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023. Sementara KTT ASEAN ke 43 akan digelar di Jakarta pada September 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya