Ahmad Sahroni: Pengguna Jalan Harus Patuhi Lalu Lintas, Polisinya Jangan Pungli

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mengingatkan jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, agar menghindari praktik pungutan liar (pungli) dalam melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2023. Menurut dia, operasi ini fokusnya penertiban fungsi lalu lintas.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

“Saya tidak ingin dengar ada lagi cerita anggota berani cari-cari kesalahan, apalagi pungli di jalan. Pokoknya, pengguna jalan harus patuhi aturan lalu lintas, dan polisi juga tak boleh pungli,” kata Sahroni di Jakarta pada Selasa, 11 Juli 2023.

Anggota Fraksi Partai Nasdem ini berharap, anak buah Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto menjalankan tugasnya secara profesional. Tentu, kata dia, polisi perlu kolaborasi dengan stakeholder terkait baik Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Satpol PP hingga TNI untuk bisa menyelesaikan berbagai pelanggaran jalanan yang ada. 

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

“Saya sangat mendukung dilaksanakannya Operasi Patuh Jaya oleh Polda Metro Jaya tahun ini. Saya harap operasi ini dapat meminimalisir berbagai permasalahan lalu lintas di ibu kota yang kompleks dan bermacam-macam, karena Jakarta memang pusat mobilitas masyarakat dan pemerintahan,” ujarnya.

Selain 14 pelanggaran lalu lintas yang menjadi target sasaran operasi ini, Sahroni juga menyoroti soal aksi balap liar yang masih beredar di jalanan Jakarta. Maka dari itu, ia meminta aksi balap liar bisa ditertibkan oleh jajaran Polda Metro Jaya.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

“Kita sering melihat balap liar masih meresahkan warga, jadi ini kita minta ditertibkan. Saya yakin Polda Metro Jaya beserta jajarannya akan bertindak secara maksimal untuk mengurangi kegiatan yang sangat membahayakan keselamatan ini,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto tidak mau ada praktik pungutan liar (pungli) pada Operasi Patuh Jaya 2023. Dia memerintahkan anak buahnya melakukan penindakan dengan profesional kepada pengendara pelanggar lalu lintas.

“Saya perintahkan agar saudara melaksanakannya dengan profesional, tidak ada negosiasi, tidak ada transaksional, dan jangan sakiti masyarakat," ujarnya pada Senin, 10 Juli 2023.

Dia mengatakan, penindakan yang bersih dan benar efeknya bakal membuat masyarakat disiplin dalam berlalu lintas. Selain itu, dia mengingatkan kepada anggotanya agar mengecek kesiapan mulai dari kondisi fisik hingga peralatan.

“Perhatikan kembali apa yang menjadi sasaran operasi dan siapkan langkah-langkah nyata dalam pelaksanaannya, terkhusus dalam penegakan hukum," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya