Golkar Tolak Pembentukan Pansus untuk Usut Polemik JIS, Ini Alasannya

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco menolak pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mengusut polemik Jakarta International Stadium (JIS) yang semakin memanas.

Serius Bangun Koalisi di Pilkada Semarang, Golkar dan PKS Buka Pintu untuk Parpol Lain

Basri menyebutkan, pembentukan pansus banyak unsur politik. "Kalau harus sampai bentuk pansus, Golkar menolak. Pansus ini kadang lebih besar politisnya daripada substansionalnya. Banyak pansus juga gak jelas ujungnya. Tidak dilaksanakan juga sama eksekutif, padahal sudah cape-cape kita bahas dan dalami di pansus," ujar Basri Baco saat dihubungi, Kamis, 13 Juli 2023. 

Menurutnya, pembentukan pansus dapat direalisasikan setelah dilakukan audit dan pemeriksaan terkait polemik JIS. Golkar bakal mendukung perbaikan JIS untuk kepentingan piala dunia.

243 Bakal Calon Kepala Daerah Daftar ke Golkar Sumut untuk Bertarung di Pilkada 2024

Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara

Photo :
  • Stadion JIS

"Kecuali setelah dilakukan audit dan pemeriksaan dan perlu pendalaman lagi mungkin bisa naik pansus. Untuk dicek, diperiksa dan kemudian diperbaiki atau disempurnakan atau direnovasi untuk kepentingan tempat piala dunia, Golkar setuju dan mendukung penuh," kata dia.

Golkar Bertemu PKS, Peluang Koalisi di Pilkada Sumatera Utara Terbuka?

Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo sebelumnya mengusulkan agar proyek perencanaan pembangunan JIS diaudit secara total menyusul polemik yang kian memanas.

"Konkretnya harus ada penanganan teknis secara mendasar, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk sarana prasarana serta audit total dari aspek perencanaan maupun pembangunan JIS," kata Rio saat dihubungi, Senin, 10 Juli 2023.

Rio menduga ada malapraktik dalam perencanaan pembangunan JIS. Sebab, fasilitas-fasilitas di stadion tersebut dinilai sangat kurang. Hal itu menjadi salah satu penyebab polemik JIS yang kini banyak diperbincangkan.

Untuk itu, Rio mengusulkan agar pemerintah membuat panitia khusus (pansus) agar proses audit berjalan dengan baik serta tidak ada intervensi dari pihak lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya