Ratusan Pasukan Oranye Dikerahkan Pemprov DKI Bersihkan Sampah di Pantai Mangrove

Tumpukan sampah di Pantai Mangrove, Jakarta Utara Dibersihkan Pemprov DKI
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian serta Dinas Lingkungan Hidup DKI bergerak cepat membersihkan tumpukan sampah di area Pantai Mangrove, Muara Angke, Jakarta Utara.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

"Kami kerja sama dengan kawan-kawan Dinas LH. Nah ini kan memang jumlahnya banyak, dipakai alat berat biar lebih cepat," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati kepada wartawan di Jakarta Pusat, Rabu, 12 Juli 2023.

Tumpukan sampah di Pantai Mangrove, Jakarta Utara Dibersihkan Pemprov DKI

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Suharini mengatakan pembersihan yang dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup itu menggunakan kapal pengangkut sampah. Tak hanya itu Pemprov juga menurunkan beberapa alat berat untuk membersihkan kotoran di area pantai.

Adapun Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan menjelaskan terdapat lima buah kapal dan alat berat dikerahkan untuk membereskan sampah di kawasan pantai tersebut. 

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

"Total 56 orang personel dengan 6 armada ditambah 200 personel pasukan oranye DLH dari UPS Badan Air dan Sudin LH Jakarta Utara," ucap Yogi.

Dalam pembersihan yang dilakukan hari Rabu, 12 Juli 2023 ini, pihak Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sudah mengumpulkan sampah sebanyak 48 m3. Pembersihan akan dilakukan secara menyeluruh.

"Total sampah yang terkumpul hari ini 48 m3," katanya.

Sebagai informasi, beredar video viral yang memperlihatkan tumpukan sampah yang sangat banyak menyebar di bibir pantai Mangrove Kawasan Muara, Angke, Jakarta Utara. Video itu diunggah oleh akun Instagram @kontributorjakarta.

“Terlihat hamparan sampah berada di salah satu bibir pantai mangrove di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, Senin, 10/7,” tulis ketarangan akun Instagram pengunggah

Di dalam video yang sepertinya direkam menggunakan Drone memperlihatkan tumpukan sampah yang memenuhi taman mangrove itu, bahkan sampah-sampah itu sampai masuk ke sela-sela pohon Mangrove yang berada di bibir pantai. 

Tumpukan sampah di Pantai Mangrove, Jakarta Utara Dibersihkan Pemprov DKI

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Seorang petugas Kawasan Mangrove, Samlawi mengatakan, sampah-sampah itu diduga datang dari tengah laut yang terbawa oleh ombak ke pinggiran.

“Ya, ini dari laut dan dari Kali (Angke). Terkena ombak masuk samping-samping, baru dua minggu ini sampah-sampah ini muncul di kawasan mangrove. Rata-rata sampah plastik dan limbah rumah tangga,” ungkap Samlawi kepada media, Selasa 11 Juli 2023.

Menurut Samlawi, hutan mangrove memang memiliki kemampuan dalam menghalau sampah-sampah yang terbawa ombak. Namun kondisi itu penting disadari oleh permukiman di sekitarnya, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya