Arus Lalu Lintas Kawasan Istana Ditutup Pagi Ini, Polisi Ungkap Penyebabnya

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta -- Lalu lintas mengarah ke Istana Merdeka dialihkan sementara pagi ini. Hal itu buntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah melantik perwira TNI-Polri tahun 2023.

Praktik Jasa Pemalsuan Pelat Nomor Khusus 'ZZ' dan STNK Tarifnya Rp55-100 Juta

"Info lalu lintas Rabu 26 Juli 2023. Lalu lintas sekitar kawasan Monas di alihkan sementara, bagi masyarakat agar mencari jalur alternatif lain," demikian seperti dikutip dari akun Twitter @tmcpoldametro, Rabu 26 Juli 2023.

Sementara itu, menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin, penutupan arus lalu lintas dilakukan cuma sampai upacara pelantikan di sana rampung. Begitu upacara selesai, lalu lintas bakal dibuka lagi.

AKBP Syukur: Situasi Paniai Kondusif Usai Ada Serangan dari OPM

"Iya ditutup. Lagi ada pelantikan. Pelantikan perwira akademi TNI dan Polri di Istana," ujar Komarudin.

Ilustrasi arus lalu lintas

Photo :
  • VIVA/Bayu Nugraha
Sidang Praperadilan, Panji Gumilang Minta Hakim Batalkan Status Tersangka TPPU

Arus lalu lintas dari Harmoni dan Gambir menuju Istana dialihkan sementara. Sedangkan dari arah Patung Kuda Arjuna Wiwaha menuju Istana masih normal. Masyarakat dari arah Harmoni dan Gambir diimbau mencari alternatif lain.

"Sementara dialihkan. Harmoni dan Gambir arah Istana. Sementara dari Patung Kuda ke Istana tetap dibuka. Imbauan untuk masyarakat saat ini sedang dilakukan penutupan sementara. Upacara sebentar lagi selesai, nanti kita normalkan kembali," katanya.

Diketahui, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik Perwira TNI-Polri tahun 2023 di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 26 Juli 2023. Presiden Jokowi beserta Wakil Presiden Ma'ruf Amin, tiba di lokasi sekira pukul 08.00 WIB.

Pelantikan perwira TNI-Polri ini dilaksanakan berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 52 TNI Tahun 2023 dan Nomor 53 Polri Tahun 2023 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Tentara Nasional Indonesia dan Akademi Kepolisian menjadi perwira Tentara Nasional Indonesia dan Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Ada 833 perwira TNI-Polri yang dilantik di Istana Merdeka hari ini yang terdiri dari 357 calon perwira remaja atau Capaja Angkatan Darat, 94 orang Capaja Angkatan Laut, 114 Capaja Angkatan Udara.

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku bangga atas capaian para Capaja hingga dapat dilantik menjadi Perwira. Sebab prestasi itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dicapai.

"Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara saya menyampaikan Selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai perwira TNI dan Polri," kata Jokowi, Selasa, 26 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya