Heru Budi Ungkap Hasil Audit BPK soal JIS: Sarana dan Prasarana Harus Disempurnakan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Usai Sidak Pegawai Pemprov
Sumber :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali

Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit terhadap pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS). Hasilnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan BPK menemukan menemukan sarana dan prasarana yang ada di JIS belum sempurna.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Sehingga, kata Heru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta untuk melakukan penyempurnaan pembangunan JIS. 

"Hasilnya harus menyempurnakan sarana prasarana untuk supaya jalan masuknya supaya lebih sempurna itu," ujar Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara

Photo :
  • Antara

Oleh sebab itu, lanjut Heru, saat ini pihaknya tengah menyempurnakan sarana dan prasarana JIS. "Sekarang kita sempurnakan. JIS bagus  semua, hasilnya lebih bagus," ucapnya.

Cerita Ahok Punya Ide Sediakan Makan Siang Gratis di Balai Kota DKI Buat Warga Tak Mampu

Heru menargetkan penyempurnaan JIS rampung jelang penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Dalam proses renovasi JIS, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan pemerintah pusat. 

"JIS kita hanya menyempurnakan untuk supaya bisa dipakai U-17, itu saja kok komentar saya," katanya.

Sementara itu, ihwal rencana audit ulang oleh BPKP atau Inspektorat terhadap JIS, Heru tak menjawab lugas."Iya, nanti tanya Inspektorat," ucap dia.

Sebelumnya, Beberapa aspek dinilai kurang memadai di kawasan JIS, di antaranya akses masuk yang perlu tambah, pintu untuk tim sepak bola yang harus dirombak, hingga lapangan JIS harus diganti karena tidak sesuai dengan standar FIFA. 

Hal tersebut diketahui setelah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau langsung JIS pada Selasa, 4 Juli 2023.

Kemudian, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tak setuju jika Jakarta International Stadium (JIS) disebut akan direvitalisasi karena istilah tersebut tak tepat.

"Sebenarnya kalimatnya jangan revitalisasi, tapi penyempurnaan. JIS yang sekarang sudah bagus, baik; sarana, dan prasarana di lingkungan sekitarnya yang kita perbaiki," kata Heru kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 11 Juli 2023.

Menurut mantan wali kota Jakarta Utara itu, stadion yang dibangun pada era Anies Baswedan tersebut sudah baik sehingga dia akan menyempurnakannya. “Memang untuk kebutuhan masyarakat akses masuk, keluar, dan transportasi masyarakat atau penonton kita siapkan," kata dia.

Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Menurutnya, sarana prasarana di area luar JIS bakal disempurnakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, Heru bakal membuat jalan tol dan jembatan penyeberangan untuk masyarakat.

"Yang penting JIS adalah stadium yang sudah baik, cukup bagus. Sarana prasarana akan diperbaiki Pemda supaya bisa dipakai untuk segala event," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya