Gandeng Dukcapil, IPI Fasilitasi Ratusan Pemulung TPST Bantargebang Buat E-KTP

Para pemulung di TPST Bantargebang cek biometrik untuk E-KTP.
Sumber :
  • Dok. IPI

Jakarta – Sejumlah 185 orang pemulung melakukan pengecekan biometrik untuk mendapatkan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP, di Kantor Badan Pengurus Pusat (BPP) Ikatan Pemulung Indonesia, di Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat,

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

Biometrik merupakan metode untuk mengidentifikasi jati diri penduduk antara lain melalui iris mata. 

Kegiatan yang dilakukan pada 26-27 Juli 2023 itu untuk memperingati hari lahir Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) ke-32.

Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bekasi dan mendapat dukungan dari Aqua,” kata Ketua BPP Ikatan Pemulung Indonesia, Pris Polly Lengkong dalam keterangannya, Kamis, 27 Juli 2023.

Dia menuturkan, mereka yang mengikuti pengecekan biometrik adalah para pemulung  di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi. 

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Di TPST tersebut terdapat sekitar 6.000 orang pemulung, 500 orang di antaranya tidak memiliki KTP. “Target kami  500 orang  yang belum memiliki KTP itu yang akan kami fasilitasi,” katanya.

Para pemulung di TPST Bantargebang cek biometrik untuk E-KTP.

Photo :
  • Dok. IPI

Pris Polly menambahkan, kepemilikan kartu identitas berupa e-KTP sangat penting bagi pemulung, antara lain untuk mengakses bermacam program bantuan Pemerintah. “Tanpa memiliki e-KTP mereka tidak bisa mendapat tunjangan atau bantuan sosial,” ujarnya.

Pengurusan e-KTP bagi pemulung di TPST Bantar Gebang ini, menurut Pris Polly, merupakan projek percontohan, yang nantinya akan  diterapkan di berbagai daerah. 

IPI saat ini memiliki pengurus daerah di 27 Provinsi dengan jumlah anggota sekitar 3,7 juta orang. “Ini untuk mengangkat harkat dan martabat pemulung, serta memanusiakan manusia," katanya.

Sementara Sustainable Development Director  Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, yang dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya mendorong sepenuhnya apa yang dilakukan oleh IPI. 

Menurut dia, pemulung memiliki peran penting dalam pencapaian penerapan ekonomi sirkular dan kampanye bijak berplastik. Lantaran itu perlu mendapatkan identitas resmi sebagai penduduk.  

“Kami berkolaborasi dengan IPI untuk memberdayakan pemulung salah satunya melalui kegiatan pengadaan identitas kependudukan. Sejak 1993, melalui program AQUA Peduli, kami juga sudah mendukung pemulung,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya