Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Ilustrasi KTP.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nadlir

Jakarta – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin mempersilakan warga untuk mengajukan keberatan jika terkena penonaktifan NIK. Ia menyebut permohonan keberatan itu dapat diajukan warga ke posko pengaduan di kantor kelurahan domisili masing-masing.

KPU: Penonaktifan NIK Tak Berpengaruh ke DPT Pilgub Jakarta

"Mereka bisa langsung datang ke kelurahan bagian layanan Dukcapil. Nanti ada petugas kami, dan kami akan hubungi RT/RW untuk melakukan verifikasi dan validasi di lapangan,” ujar Budi saat dikonfirmasi, Jumat, 19 April 2024.

Ilustrasi E-KTP.

Photo :
  • VIVA/Muhammad A.R
Alasan Polri Terapkan NIK KTP untuk Nomor SIM pada 2025

Budi menjelaskan, keberatan itu berupa verifikasi hingga validasi jika warga yang bersangkutan masih tinggal dan bekerja di Jakarta. Namun, kata Budi, pihaknya akan langsung menyarankan warga mengurus perpindahan kependudukan, apabila sudah tidak tinggal di Jakarta. 

"Kalau memang yang bersangkutan terbukti masih tinggal di domisilinya dan sehari-hari di sana, kami akan keluarkan dari program penataan,” kata Budi. 

Fakta Tragis Siswi SD di Sumbar yang Disiram Bensin hingga Tewas Terbakar

"Kalau sudah tidak di sana, maka kami sarankan untuk dipindahkan ke domisili yang sekarang," imbuhnya.

Sebagai informasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta menyebut sebanyak 92.493 Nomor Induk Kependudukan (NIK) bakal dinonaktifkan mulai awal pekan depan. 

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin menjelaskan, sembilan puluh ribu lebih NIK tersebut milik warga Jakarta yang meninggal dunia dan warga yang wilayah RT-nya sudah dihapus.

Adapun Budi menjelaskan secara rinci data NIK yang telah meninggal dunia sebanyak 81.119 dan yang tidak lagi berdomisili di Jakarta sebanyak 11.374. Maka, data tersebut di total menjadi 92.493.

"Sementara yang dinonaktifkan itu untuk yang sudah meninggal dunia dan RT sudah tidak ada. Baru minggu ini kami ajukan ke Kemendagri. Nanti mungkin minggu depan sudah dilakukan penonaktifan,” ujar Budi saat dikonfirmasi, Jumat, 19 April 2024.

Ilustrasi e-KTP

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

Budi mengatakan proses tersebut hanya tahap awal. Setelahnya, Dukcapil DKI Jakarta bakal melakukan penonaktifan warga Jakarta yang sudah tinggal di luar daerah.

Kendati demikian, Budi belum bisa menjelaskan secara rinci terkait jumlah NIK yang akan dinonaktifkan dan kapan proses pengajuan akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya