Kadishub DKI Sebut Tarif Bus Transjakarta ke Bandara Soetta Diusulkan Rp 5.000

TransJakarta Rute Bandara Soetta.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang melakukan kajian terkait tarif bus Transjakarta dari terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Adapun tarif rute tersebut diusulkan sebesar Rp 5.000 oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

"Hari ini sudah terbit rekomendasi DTKJ. Yang diusulkan DTKJ itu Rp 5.000. Tentu ini akan kami bahas di tingkat provinsi setelah kami terima usulan dari DTKJ," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta Pusat, Selasa, 1 Agustus 2023.

Di sisi lain, usulan tarif sebesar Rp 5.000 itu merupakan tarif yang didapat setelah adanya pemotongan subsidi tiket atau biasa disebut public service obligation (PSO).

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Syafrin menegaskan, apabila tak ada PSO, maka tarif yang dikenakan untuk bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta bisa mencapai Rp 12 ribu

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

"Tentu ada subsidi. Tarif keekonomiannya Rp 12 ribu. Artinya, selisih itu diusulkan subsidi Pemprov DKI," ucap dia.

Saat ini, kata Syafrin, Pemprov DKI Jakarta masih terus melakukan uji coba rute Transjakarta menuju Bandara Soetta. Dalam uji coba kali ini, pihaknya melakukan sedikit perbedaan terkait jam operasional layanan.

"Dari hasil evaluasi, kita sudah melakukan beberapa penyesuaian, seperti contoh operasionalnya jam semula 06.00-09.00 WIB jadi jam 05.30-09.05 WIB, sorenya 18.00-21.00 WIB berubah menjadi 16.30-21.05 WIB. Itu penyesuaian," ujarnya.

Sebagai informasi, selama uji coba rute baru bus Transjakarta dari terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) telah mengangkut 10 ribu penumpang. Adapun uji coba Transjakarta rute Kalideres - Bandara itu sudah dilakukan sejak 5 Juli 2023 lalu.

"Satu hari itu rata-rata sekarang di angka 700-an orang. Jadi kira-kira kalau kita sudah melayani 14 hari itu kita sudah hampir 10 ribu orang yang kita layani," ujar Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Daud Joseph kepada wartawan, Kamis, 20 Juli 2023.

Dari 700 orang penumpang bus Transjakarta, kata Daud, 400 di antaranya merupakan pengguna layanan Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi pukul 06.00 sampai dengan 09.00 WIB. 

"Sementara sebanyak 300 penumpang menggunakan rute layanan Bandara Soekarno-Hatta ke Kalideres yang mulai pukul 18.00 sampai dengan 21.00 WIB," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya