Mahasiswa Terjerat Kabel Fiber Optik, Bali Towerindo Sebut Murni Kecelakaan

Mahasiswa bernama Sultan Rifat Alfatih yang terjerat kaber fiber optik
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Bali Towerindo membantah bahwa adanya unsur kelalaian dalam pengelolaan kabel fiber optik milik perusahaan, hingga menjerat pengendara dan mengakibatkan kecelakaan.

Ekspansi di Tengah Ketidakpastian Global, 6 Emiten Raih Best Investortrust Companies 2024

Kuasa Hukum Bali Towerindo, Maqdir Ismail menjelaskan peristiwa yang menimpa Sultan Rif’at Alfatih (20) di Jalan Pangeran Antasari pada Januari 2023 lalu merupakan kecelakaan murni.

"Musibah terjerat kabel serat optik (fiber optic cable) di Jalan Antasari, Jakarta Selatan, itu merupakan kecelakaan murni. Bukan akibat kelalaian perusahaan," kata Maqdir dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Kamis, 3 Agustus 2023.

Terlalu Mahal? Komisi X Desak Kemendikbudristek Perbaiki Tata Kelola UKT demi Keadilan Pendidikan

Menurutnya, Bali Towerindo telah melakukan investigasi terkait kecelakaan yang menimpa Sultan. Dari situ, lanjut dia, tidak ditemukan bukti mengenai kondisi kabel serat optik milik perusahaan menjuntai ke badan jalan.

Kuasa Hukum PT Bali Towerindo, Maqdir Ismail (jas hitam)

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Top Trending: Sosok ini Bikin Indonesia Berjaya Menurut Ramalan Jayabaya, 20% Istri Mau Ganti Suami

Berdasarkan hasil monitoring pada 26 Desember 2022, kabel masih dalam kondisi normal dan membentang di atas ketinggian 5,5 meter.

"Hal ini juga diperkuat dengan laporan kecelakaan lalu lintas pada 7 Januari 2023 yang menyatakan kejadian itu merupakan kecelakaan tunggal," ucap Maqdir.

Namun, pihak Bali Tower tidak mengetahui seperti apa kondisi kabel serat optik miliknya sebelum kecelakaan yang menimpa Sultan terjadi.

Sebagai informasi, seorang mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur bernama Sultan Rif'at Alfatih (20) mengalami nasib nahas usai dirinya terjerat kabel fiber optik di pinggir jalan kawasan Jalan Antasari, Jakarta Selatan tepat di bagian lehernya. Akibat kejadian itu, dia tak bisa kembali berbicara. 

Ayah Sultan, Fatih (49) mengatakan bahwa mulanya Sultan izin kepada dirinya ingin pergi bersama teman-teman SMA untuk keliling menggunakan motor. Sultan izin kepada sang ayah tercintanya itu pada 5 Januari 2023 sekira pukul 22.00 WIB.

Fatih menuturkan, pada awal kejadian ada mobil SUV yang mengantre di depan motor Sultan. Tanpa disadari, ada sebuah kabel yang menjuntai atau mengendur. Kemudian kabel tersebut pun tersangkut di mobil SUV itu.

"Kemudian harusnya lagi ngantre dan ada kabel yang melintang, tapi anak saya gak tahu ada kabel melintang karena di belakang mobil," kata Fatih.

Fatih menyebut kabel yang menjuntai di kawasan Jalan Antasari Raya itu terbawa jauh oleh mobil SUV. Namun, kabel tersebut tidak putus meski sudah tersangkut di mobil SUV.

Justru kabel itu malah berbalik ke tempat semula menjuntai. Kendati, ketika kabel itu terlepas dari mobil yang menyeretnya, langsung mengenai Sultan yang tepat ada di belakang mobil tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya