Pemprov DKI Gercep Investigasi Kabel yang Buat Ojol Meninggal di Palmerah, Ini Hasilnya

Ilustrasi motor jatuh
Sumber :
  • Istimewa/VIVA/Andrew Tito

Jakarta - Pemerintah Provinsi (DKI) Jakarta melalui Dinas Bina Marga DKI gerak cepat menangani kasus ojek online (ojol) yang meninggal karena kabel melintang di kawasan Palmerah, Jakarta Barat beberapa waktu lalu. 

Jukir Liar Patok Parkir Rp 150 Ribu di Depan Masjid Istiqlal Ditangkap

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Utilitas Kota Dinas Bina Marga DKI Jakarta Samsul Bakhri mengatakan pihaknya telah menginvestigasi ke lokasi kejadian untuk melihat kondisi kabel tersebut.

"Kemarin kita langsung survei lokasi kejadiannya gitu ya, untuk menginvestigasi sebetulnya kondisinya seperti apa, baik itu kondisi tiang, kabel, lalu sebetulnya pemilik utilitasnya siapa dan sebagainya," kata Samsul saat dihubungi VIVA, Jumat, 4 Agustus 2023.

Daftar Harga Motor Matic Suzuki per Mei 2024, Berapa Paling Murah?

Samsul mengatakan bahwa, kondisi terkini dari lokasi kejadian tewasnya ojol itu sudah rapih dan tidak ada kabel yang melintang. Namun, pihaknya harus memastikan apakah kondisi yang terpasang itu masih membahayakan warga sekitar maupun pengguna jalan.

"Itu kan karena memang posisinya sudah tidak ada lagi kabel, melintang segala macem, kami juga harus memastikan kondisi sekarang yang sudah terpasang tuh apakah masih membahayakan warga, membahayakan pengguna jalan, membahayakan stakeholder lainnya ya," kata dia.

Viral Video Ojol Gerebek Bengkel Tambal Ban Penyebar Ranjau Paku di MT Haryono

Samsul juga membeberkan, posisi kabel yang di lokasi kejadian sudah berada di atas 5 meter. Yang berarti, kata dia, sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kalau dari survei yang dilakukan kemarin ya posisi kabel sudah diatas 5,2 meter, sudah tinggi. Minimalnya kan kalau menurut undang-undang lalu lintas ya, itu kan sekitar 4,2 meter dari permukaan jalan. Tapi itu sudah diatas itu sudah clear lah dari ketinggiannya," katanya.

Sebagai informasi, kecelakaan maut tunggal dialami seorang pengendara motor akibat tersangkut kabel yang melintang di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat pada Jumat 28 Juli 2023.

Kanit Gakkum Polres Metro Jakarta Barat, AKP Agus Suwito menjelaskan, kecelakaan yang berujung hilangnya nyawa pengendara motor tersebut terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Diketahui pengendara motor tersebut bernama Vadim (38) yang melintas dari timur menuju ke barat.

"Saat melintas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas, korban terkena kabel Telkom yang melintang di jalan," ujar Agus dalam keterangannya, Kamis 3 Juli 2023.

Agus mengatakan pemotor tersebut terperosok dan jatuh ke sisi kanan jalan dan mengalami luka di bagian kepala hingga harus dalam perawatan intensif di rumah sakit. "Pengendara sepeda motor, Vadim, mengalami luka bagian kepala. Korban dibawa ke RS Pelni,” ujarnya.

Agus menjelaskan korban mengendarai motor dari arah Slipi ke Tanah Abang dengan kondisi jalanan yang gelap. “Di situ ada sedikit kabel yang melintang. Diduga pengendara menghindari kabel tersebut sehingga terperosok ke kiri dan masuk ke trotoar,” ujarnya.

Agus menjelaskan korban tewas ketika mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya