Promotor Akui Konstruksi Tak Penuhi Syarat

Tenda Sirkus Senayan Roboh Lagi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Untuk kedua kalinya tenda utama area pertunjukkan Indonesia International Circus Festival (IICF) 2010 roboh. Setelah hari Minggu 4 Juli lalu, tenda pertunjukkan sirkus dari Amerika Serikat hari ini, 6 Juli 2010, tenda pertunjukkan sirkus dari China yang roboh.

Hal ini menunjukkan konstruksi tenda tidak cukup kuat menahan angin maupun air hujan. Tim promotor pun mengakuinya.

"Secara kasat mata, memang terlihat bahwa konstruksi tenda kurang memenuhi syarat. Hal itu saya lihat dari kacamata pribadi bukan sebagai ahli konstruksi. Tetapi melihat kejadian hari ini, yang terulang lagi kami akan melakukan investigasi," kata Samsul Bahri perwakilan bidang hukum, Nant Adi Pariwara, promotor IICF 2010, Selasa 6 Juli 2010.

Konstruksi tenda sirkus sendiri dibuat oleh Garlic Production yang juga penyedia tenda utama di arena Pekan Raya Jakarta. Pihak dari Garlic selaku konstruktor dianggap pihak yang paling bertanggungjawab atas insiden robohnya dua tenda utama. Menurut promotor pihak dari konstruktor sudah diperiksa polisi.

"Sementara ini yang sudah diperiksa oleh polisi adalah pihak dari Garlic," kata Samsul.

Promotor memang mengakui bahwa ada kekurangan dalam kontruksi yang dibuat oleh pihak Garlic Production, tetapi sampai saat ini mereka belum berniat melakukan langkah hukum. Hal ini karena dibutuhkan analisa teknis untuk membuktikannya.

"Kami tidak menuduh konstruktor secara keseluruhan karena harus ada analisa teknis. Sekarang kita sedang melakukan investigasi yang ditangani oleh konsultan sipil dan ahli konstruksi. Kami memang melihat ada kesalahan perhitungan dan sampai saat ini masih mencari jalan keluar yang terbaik melalu negosiasi atau cara kekeluargaan," ungkap Samsul.

Untuk pertunjukkan sirkus yang masih berlangsung hingga tangga 11 Juli 2010 nanati, dipindahkan ke Balai Kartini. Pembangunan konstruksi sirkus di Balai Kartini, juga masih menggunakan vendor yang sama dengan yang membangun tenda di Parkir Timur Senayan, yaitu Garlic Production.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Tetapi ketika diadakan konfrensi pers untuk menjelaskan pemindahan, pihak dari Garlic Production selaku konstruktor tidak hadir untuk memberikan keterangan.(np)

Ibu menyusui

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Menjaga keseimbangan nutrisi dan asupan makanan sangat penting bagi ibu menyusui. Karena kualitas dan kuantitas ASI (Air Susu Ibu) dapat dipengaruhi beberapa faktor.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024