Udara Jakarta Membaik, Pemerintah Lanjutkan Water Mist Spraying

Penampakan Water Mist di Balaikota DKI Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham.

Jakarta – Pemerintah terus melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan metode water mist spraying, untuk terus mengurangi polusi udara di Jakarta. Modifikasi cuaca ini dilakukan dengan dua pesawat Cesna. 

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, operasi ini telah dilaksanakan sepekan, sejak 4 September hingga Senin, 11 September 2023.

"Durasi terbang selama 82 jam 50 menit dan membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta," ujar Abdul dalam keterangan tertulis, Selasa, 12 September 2023.

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Abdul menjelaskan, setiap pesawat melakukan empat kali sorti di beberapa wilayah di Jakarta dalam satu hari. Adapun wilayah yang disorti adalah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Hasilnya, kata Abdul, terdapat penurunan polutan PM2,5 yang ia pantau di laman IQAir.

Polusi Udara Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

"Upaya tersebut mulai memberikan dampak yang signifikan di mana terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 berdasarkan iqair.com sehingga langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih," katanya.

BNPB pun, menurut Abdul, akan terus melakukan upaya pengurangan polusi di Jakarta sampai beberapa hari ke depan dan dengan menyesuaikan kondisi yang diperlukan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono sebelumnya mengklaim bahwa kualitas udara di Ibu Kota membaik saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN berlangsung. 

Adapun KTTke-43 ASEAN itu dilaksanakan pada 5-7 September 2023 lalu. Heru Budi meminta agar kualitas udara yang baik itu tetap dijaga dalam waktu jangka panjang, bukan hanya saat KTT ASEAN saja.

"Alhamdulillah yang pertama udara di Jakarta membaik tetapi Ini kan harus jaga," kata Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta Pusat, dikutip Senin, 11 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya