Prostitusi Anak Makin Menjadi-jadi di Jakarta

Ilustrasi prostitusi anak.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – Aktivitas prostitusi secara terselubung yang melibatkan anak di bawah umur masih terus muncul di Ibu Kota Jakarta walau terus diberantas aparat kepolisian. Polisi selama ini mengklaim telah banyak menangkap para pelaku prostitusi anak, namun para tersangka baru terus bermunculan dalam bisnis haram ini.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Terakhir Polda Metro Jaya menangkap seorang muncikari berinisial FEA (24) yang menawarkan 21 PSK di bawah umur dengan aplikasi MeChat. Dalam penyelidikan polisi diketahui pelaku FEA menjual anak-anak di bawah umur menjadi penjaja seks ilegal dengan tarif mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 8 juta per jamnya.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengatakan dalam bisnis ini juga FEA mendapat bagian sebesar 50 persen dari setiap transaksi prostitusi anak di bawah umur tersebut. Dia telah menjalankan bisnis gelap ini selama lima bulan, sejak April hingga September 2023.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

"Awal mula bisa masuk dan mengenal tersangka dari jaringan pergaulan. Sebagian besar anak korban masih sekolah," ujar Ade Safri Simanjuntak.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Hasil penyelidikan polisi juga pelaku FEA "memasarkan" korban-korban di media sosial. Setelah mendapat pelanggan, FEA langsung memanggil korban terpilih untuk melayani pelanggan pria hidung belang. Dalam kasus ini Polda Metro Jaya juga mengamankan dua anak, yang menjadi korban prostitusi muncikari FEA.

Ade Safri Simanjuntak mengatakan, dua anak yang diamankan polisi berinisial SM (14) dan DO (15) yang masih berusia di bawah 17 Tahun. "Adapun korban atau anak yang menjadi korban tindak pidana dimaksud, sebanyak dua orang," ujarnya.

Hingga kini kedua korban ditangani ke Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) DKI Jakarta.

"Mereka dibawa ke safe house P2TP2A untuk penanganan tindak lanjut terhadap anak korban," ujarnya.

Korban anak broken home

Stop prostitusi anak.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito.

Diketahui kasus prostitusi anak yang terjadi di Jakarta juga pernah terjadi dan diungkap Polda Metro Jaya pada setahun lalu yakni kasus prostitusi anak di salah satu hotel di Jalan Jaha, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis 22 September 2022 dini hari.

Modus pelaku yang berperan sebagai muncikari dalam kasus tersebut terbilang sama, yakni menawarkan jasa prostitusi online perempuan yang masih di bawah umur kepada para hidung belang itu melalui aplikasi MiChat dari berbagai ponsel.

Pelaku merekrut anak perempuan yang keluarganya broken home, dan tidak mendapat perhatian orangtua, sehingga anak tersebut terjerumus pergaulan bebas. Anak-anak yang broken home tersebut menjadi sasaran utama Mucikari untuk direkrut dan dijadikan PSK.

Kasus dengan penetapan tarif yang sama juga dilakukan pada kasus prostitusi yang terungkap setahun lalu di Pasar Minggu oleh Polda Metro Jaya. Wakapolres Metro Jakarta Selatan, AKBP Haru, mengatakan pelaku muncikari menerapkan tarif berbeda bagi korban kepada pria hidung belang untuk sekali kencan.

"Penawarannya untuk para korban kepada pelanggan itu kurang lebih Rp 300.000 sampai dengan Rp 800.000, untuk sekali main," ujarnya.

Kasus yang sama juga terjadi pada Oktober 2021, pihak kepolisian mengungkap kasus prostitusi online anak di bawah umur di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. Polisi menilai para pengguna jasa prostitusi anak di bawah umur menggunakan tempat di kamar yang digunakan pelaku. Bahkan salah satu korban yang masih berusia 16 tahun mengaku kepada polisi sudah melayani pria hidung belang lebih dari 17 kali.

Media sosial

Kesamaan dari kasus-kasus prostitusi yang melibatkan anak di bawah umur adalah sama-sama menggunakan medsos. Medsos sama-sama digunakan baik sebagai sarana media promosi dan penjajakan muncikari terhadap calon korbannya.

Tanggapi kasus tersebut, psikolog anak, Ghianina Yasira Armand, mengungkapkan sekitar 150.000 anak Indonesia dilacurkan dan diperdagangkan untuk tujuan seksual. Ghianina menjelaskan maraknya prostitusi anak dapat mengindikasikan bahwa di masyarakat banyak permintaan prostitusi anak, yang akhirnya membuat pihak-pihak tertentu berusaha menjawab kebutuhan.

"Adapun kebutuhan yang ada di masyarakat dijadikan sebuah peluang bisnis untuk mencari keuntungan pribadi," ujarnya.

Upaya negara untuk menanggulangi kondisi prostitusi anak dengan salah satunya menangkap sindikat sangat perlu diperhatikan dan lebih ditingkatkan.

Ghianina menegaskan bahwa faktor lingkungan dan keharmonisan keluarga juga menjadi peran penting anak dapat terantisipasi dari perdagangan untuk tujuan seksual.

Melihat kasus-kasus yang sama, para muncikari mengincar anak-anak perempuan dari keluarga yang tidak harmonis sebagai calon korban mereka yang berarti selain pekerjaan pihak berwajib untuk memberantas praktik ini, pihak keluarga juga perlu membentengi anak-anak mereka dari kemungkinan jeratan bisnis prostitusi di bawah umur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya