Mahasiswa yang Terjerat Kabel Fiber Optik Mulai Bisa Bicara dan Berat Badan Naik

Mahasiswa Sultan Rif’at Al Fatih, Korban terjerat Kabel fiber optik
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta – Sultan Rif’at Al Fatih, Mahasiswa yang terjerat kabel fiber optik menjuntai kini masih menjalani perawatan dari kelumpuhan pita suara di Rs Polri KramatJati Jakarta Timur, Jumat 29 September 2023. Diketahui Sultan terlibat kecelakaan dan lehernya tersangkut kabel fiber optik di daerah Jakarta Selatan.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Kepala Pusdokkes Polri Irjen. Pol. Asep Hendradiana mentatakan kondisi Sultan Rif’at hingga kini terus berangsur membaik.

“Saat ini fungsi hati telah normal, BB semula 46.7 kg telah naik menjadi 52.7 kg. Aspirasi pneumonia sudah baik. Hepatitis C saat ini masih mendapatkan pengobatan anti virus selama 3 bulan,” ujar Asep, Jumat 29 September 2023.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Mahasiswa korban jeratan kabel optik fiber dibawa ke RS Polri

Photo :
  • dok Polri

Kapusdokkes, menjelaskan Sultan Rif’at juga sudah mendapatkan perawatan secara Fluoroskopi oleh Radiointervensi, kemudian Bronkoskopi untuk bronchial toilet, Esofagoskopi, dan Medialisasi pita suara dengan penyuntikan lemak dari perut ke pita suara (injeksi laringoplasti).

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Asep mengatakan, selanjutnya Rif'at akan dilakukan dilatasi balon untuk mengatasi striktur esofagus. Dia juga menegaskan tindakan medialisasi pita suara berhasil baik. Hingga kini pasca tindakan Sultan Rif’at juga sudah bisa berbicara dengan menutup lubang tracheostomi.

Sebagai informasi, seorang mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur bernama Sultan Rif'at Alfatih (20) mengalami nasib nahas usai dirinya terjerat kabel fiber optik di pinggir jalan kawasan Jalan Antasari, Jakarta Selatan tepat di bagian lehernya. Akibat kejadian itu, dia tak bisa kembali berbicara dengan suara lantang.

Ayah Sultan, Fatih (49) mengatakan bahwa mulanya Sultan izin kepada dirinya ingin pergi bersama teman-teman SMA untuk keliling menggunakan motor. Sultan izin kepada sang ayah tercintanya itu pada 5 Januari 2023 sekira pukul 22.00 WIB.

Lokasi mahasiswa terjerat kabel fiber optik di Jakart Selatan

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Fatih menuturkan, pada awal kejadian ada mobil dengan pelat nomer SUV yang mengantre di depan motor Sultan. Tanpa disadari, ada sebuah kabel yang menjuntai atau mengendur. Kemudian kabel tersebut pun tersangkut di mobil SUV itu.

"Kemudian harusnya lagi ngantre dan ada kabel yang melintang, tapi anak saya gak tahu ada kabel melintang karena di belakang mobil," kata Fatih.

Fatih menyebut kabel yang menjuntai di kawasan Jalan Antasari Raya itu terbawa jauh oleh mobil SUV. Namun, kabel tersebut meski sudah tersangkut di mobil SUV yang dimaksud itu tidak putus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya