Pemadaman Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Capai 90 Persen

Kebakaran di TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Jakarta – Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, yang terjadi hampir dua pekan ini belum juga padam 100 persen.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono Hasan mengatakan, petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan di seluruh kawasan TPA Rawa Kucing.

"Hari ini kami masih melakukan pendinginan dan pemantauan titik-titik yang masih ditemukan asap. Petugas masih terus dikerahkan memantau di tiap lokasi yang sudah ditentukan," katanya, Kamis, 2 November 2023.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran saat berjuang memadamkan api. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA / Ridho Permana

Dari pemantauan udara dan darat, proses pemadaman sudah berhasil dilakukan sekitar 90 persen dari total area yang terbakar.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

"Meski ada titik api, tapi 90 persen lokasi yang terbakar sudah berhasil dipadamkan dan dilakukan pemadaman. Hanya memang, petugas harus terus memantau khawatir kebakaran kembali terjadi," ujarnya.

Dengan kondisi itu, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, petugas di lapangan bisa dikurangi secara bertahap.

"Kalau melihat kondisi di lapangan alhamdulilah relatif sudah aman, secara bertahap nanti personel bisa dikurangi. Namun saya minta untuk tetap mensiagakan mobil pemadam di lokasi dan petugas karena seperti tadi sore saya lihat di video masih ada titik api yang muncul," ujarnya.

Bukan hanya itu, area TPA yang terbakar bisa kembali menampung sampah. Sebelumnya tempat itu ditutup untuk memfokuskan proses pemadaman.

"Dinas Lingkungan Hidup kota Tangerang bisa kembali mengoptimalkan layanan pengangkutan sampah di masyarakat. Mengingat beberapa zona TPA yang sebelumnya terbakar sudah bisa dipadamkan, relatif aman," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya