Aksi Mogok Nasional Buruh Ada 2 di Kawasan Industri Cikarang Hari Ini, Ratusan Aparat Diterjunkan

Ilustrasi demo buruh.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bekasi - Dua aksi buruh berlangsung di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi hari ini. Mereka melakukan aksi unjuk rasa mogok nasional.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Kawasan MM2100 dan Gobel," ucap Kepala Bagian Opersional Polres Bekasi Kabupaten, Ajun Komisaris Besar Polisi Ahsanul Muqofi kepada wartawan, Kamis 30 November 2023.

Guna mengantisipasinya, sebanyak 400 personel dari Polres diterjunkan supaya aksi berjalan damai dan lancar. Pengalihan arus pun diterapkan di sana.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Demo buruh di Kawasan Patung Kuda Jakarta (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"400 personel Polres dan BKO 4 Kompi. Dua kompi Brimob dan dua kompi Sabhara PMJ. Dilaksanakan rekayasa lalin," kata dia.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menyebut aksi serentak digelar di seluruh kawasan industri di Tanah Air. Kata dia, hari ini nilai UMK bakal ditetapkan Gubernur berdasar rekomendasi dari bupati dan wali kota. Untuk Ibu Kota, Said minta ada revisi kenaikan nilai UMP dari 3,6 persen mendekati 15 persen.

Ilustrasi buruh saat aksi demo tolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

"Mogok akan dijalankan pada pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Selesai di sini artinya sampai para gubernur memastikan kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) tidak dirubah dari rekomendasi nilai yang diajukan oleh bupati dan wali kota di masing-masing daerah," ucap Said Iqbal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya