3 Ribu Buruh Tangerang Turun ke Jalan Tuntut UMK 2024

Tiga Ribu Buruh Tangerang Turun ke Jalan Tuntut UMK 2024
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

Tangerang – Sebanyak 3 ribu buruh yang tergabung dari berbagai aliansi di wilayah Tangerang menggelar aksi unjuk rasa terkait dengan penetapan nilai upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2024. Aksi demo ini akan difokuskan menuju Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang dan KP3B, Serang, Banten.

42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

Adanya hal ini, pihak kepolisian pun menerjunkan 800 personel untuk mengamankan arus lalu lintas dan aksi para buruh.

Kapolres Kota Tangerang, Kombes Pol Sigit Dany mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan kepolisian yang berbatasan dengan wilayah hukumnya, serta pengelola jalan tol.

Kemnaker Imbau Hari Ini Menjadi Hari Terakhir Layanan Posko THR

Kapolres Kota Tangerang, Kombes Pol Sigit Dany

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

"Koordinasi sudah kita lakukan dengan wilayah hukum yang berbatasan dengan Polresta Tangerang, yakni Polres Tangsel, Polres Metro Tangerang, dan PJR. Hal ini karena, massa buruh akan melalui jalur arteri Jalan Raya Serang yang mana jalur itu juga lintasan yang mengarah ke jalan tol," katanya, Rabu, 29 November 2023.

Kepepet Lebaran, Pria Paruh Baya Gasak Rp 5 Juta dari Jasa Tukar Uang Baru Keliling

Dalam aksi buruh secara awur-awuran ini, pihak kepolisian juga mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi adanya kemacetan.

"Aksi awuran-awuran tidak pungkiri akan timbulkan dampak kemacetan. Namun, bisa minimalkan dan komunikasi kami dengan buruh, karena mereka menyadari kegiatan ini adalah mencari simpati. Dan oleh karenanya tidak ganggu kepentingan publik yang luas, kalau ada macet sedikit mohon dipahami," ujarnya.

Pihaknya pun sudah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di dua titik, mulai dari titik kumpul para buruh di Pusat Perbelanjaan Citra Raya dan Kawasan Lampu Merah Tigaraksa.

Tiga Ribu Buruh Tangerang Turun ke Jalan Tuntut UMK 2024

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

"Yang mengarah ke Serang akan kami rekayasa dengan mengalihkan kendaraan ke kawasan Citra Raya, begitu juga yang mengarah ke Jakarta akan tetap melalui Jalan Raya Serang," ungkapnya.

Sementara itu Koordinator Aksi, Hadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan penjemputan kepada para buruh yang masih berada di perusahaan.

"Kami sedang penjemputan kawan-kawan sebelum nantinya kami berkumpul di Gedung Bupati Tangerang," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya