Hujan Deras di Ibu Kota, BPBD DKI Jakarta Catat 3 Ruas Jalan Banjir

Ilustrasi banjir di wilayah Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat tiga ruas jalan terendam banjir saat hujan deras melanda Ibu Kota pada Kamis, 4 Januari 2024 siang.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Kamis, 4 Januari 2024, menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang dalam keterangannya.

Michael menjelaskan secara rinci, wilayah yang tergenang banjir terdapat di Jalan Pinang Ranti II, Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur dengan ketinggian 30 cm. 

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

"Kedua, ada jalan Taman Kemang, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dengan ketinggian 40 cm dan di Jalan Empang 3 RT 01/01, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm," ujarnya.

(Ilustrasi) Musim Hujan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Michael langsung menerjunkan personel untuk memonitor kawasan yang tergenang banjir di tiga ruas jalan tersebut. BPBD bersama jajaran terkait memastikan untuk melakukan penyedotan terhadap genangan air.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," katanya.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya