Mulai Pagi Ini, Busway Disterilkan

Transjakarta Gandeng koridor V
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Mulai pagi ini, Senin, 2 Agustus 2010, petugas pemerintah Jakarta dan Polda Metro Jaya akan menghalau kendaraan apapun, selain bus Transjakarta, agar tidak masuk busway.

“Ini salah satu upaya pemerintah untuk meningkatan layanan Transjakarta kepada penumpangnya karena selama ini selalu dikeluhkan terlambat datang,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta, Udar Pristono, semalam.

Udar menjelaskan para petugas itu nantinya ditempatkan di empat koridor yang akan disterilkan, yakni di Koridor I (Blok M-Kota) sebanyak 29 petugas, Koridor III (Kalideres-Harmoni) sebanyak 30 petugas, koridor V  (Kampung Melayu-Ancol) 32 petugas, dan Koridor VI (Ragunan-Landmark) sebanyak 32 petugas.

Menurut Udar, apabila sterilisasi busway dilaksanakan secara serius dan konsisten, kelak akan mampu meningkatkan standar layanan bus Transjakarta.

Sebab, kata dia, dari beberapa kali uji coba yang dilakukan Dishub, sterilisasi terbukti ampuh melancarkan mobilitas Transjakarta. Kenyamanan penumpang bus meningkat karena bus yang ditumpangi waktu tempuhnya semakin singkat. Pada akhirnya, jumlah penumpang yang naik bus Transjakarta juga mengalami peningkatan.

"Dengan sterilisasi jalur, target kami menjadikan bus Transjakarta sebagai angkutan massal yang cepat dan nyaman bisa terpenuhi," katanya.

Pada Mei lalu, kata Udar, Dishub telah melakukan uji coba sterilisasi busway. Lokasi yang dipilih, yaitu Koridor VI. Dari hasil uji coba yang dilakukan, lanjut Udar, dapat ditarik kesimpulan bahwa kecepatan rata-rata bus Transjakarta naik 30 persen, dari sebelumnya 25 kilometer per jam menjadi 35 kilometer per jam.

Sebelumnya, Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo, mengungkapkan sterilisasi merupakan salah satu upaya pemerintah Jakarta untuk menangani kemacetan di ibukota.

“Sterilisasi juga akan dibarengi dengan penertiban parkir liar yang ada di sepanjang jalur bus Transjakarta,” katanya.

Sedangkan Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, Daryati Asrining Rini, mengungkapkan pemilihan keempat koridor dikarenakan kinerjanya memang perlu ditingkatkan.

“Di koridor ini banyaknya pelanggarannya, padahal jumlah penumpang yang harus dilayani di sana sangat banyak.”

Sterilisasi busway di keempat koridor ini nanti dievaluasi lagi oleh BLU dengan melihat apakah ada peningkatan kinerjanya atau tidak. Jika memang terjadi peningkatan, maka empat koridor lainnya, yaitu Koridor II, IV, VII, dan VIII akan disterilisasikan juga. (hs0

430 Jemaah Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci
Suporter sambut Timnas Indonesia U-23 di bandara

Timnas Indonesia U-23 Tiba di Bandara Soetta, STY : Terimakasih Atas Dukungannya

Timnas Indonesia U-23 telah tiba di bandara Soekarno-Hatta. Pelatih Shin Tae yong mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024