Beredar Video Ada Ledakan-Adu Tembakan di Sarinah Jakpus, Polisi Pastikan Video Hoax

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Beredar melalui sebuah unggahan di sosial media yang menayangkan ada insiden ledakan hingga baku tembak di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Video tersebut beredar pada Minggu, 3 Maret 2024.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Dalam video itu, terlihat banyak orang berhamburan ke jalan. Bahkan, jalanan tersebut juga terlihat macet akibat puluhan orang yang berhamburan itu.

"Beredar di grup-grup WA, terdengar ledakan dan tembakan hari ini tanggal 3 Maret di Plaza Sarinah, ada yang tahu cerita sebenarnya?," bunyi narasi di sosial media twitter 'X' dikutip pada Minggu, 3 Maret 2024.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Akun yang mengunggah video tersebut, tak lama kemudian menghapusnya. Tapi, akun itu memberikan klarifikasi lantaran video yang diunggah itu merupakan kejadian pada tahun 2016, tepat pada peristiwa bom Sarinah.

“Ada yang DM, bahwa itu peristiwa tahun 2016. Lagi pula, saya cari beritanya belum ketemu, dengan disertai permohonan maaf, postingan itu saya hapus,” tulis akun itu kembali.

Situasi Makin Gawat, Israel Targetkan Serang Wilayah Nuklir Iran di Kota Isfahan

Sementara Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan bahwa video yang beredar itu adalah informasi bohong atau hoax. Ia menyebut kondisi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat dalam kondisi aman saat ini.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

“Pada hari Minggu, 3 Maret 2024, situasi kawasan Sarinah, Jakarta Pusat aman, kondusif, tidak ada informasi ledakan maupun baku tembak,” ujar Susatyo pada Minggu, 3 Maret 2024.

Dia menegaskan bahwa petugas kepolisian selalu siap siaga dalam kurun waktu 24 jam. Petugas yang berjaga itu terdiri dari jajaran Polsek Menteng, Pospam Bawaslu, Polsubsektor Sabang, Polsubsektor Sarinah dan Polsubsektor Thamrin.

“Diimbau agar masyarakat tetap tenang dan cerdas dalam menerima informasi,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya