Pemprov DKI Sediakan 259 Bus Mudik Gratis Lebaran 2024 ke 19 Kota

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan layanan mudik lebaran 2024 gratis bagi warga Ibu Kota. Warga yang bakal mengikuti mudik gratis lebaran diprediksi sekitar 18.769 orang.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

"Diperkirakan sebanyak 18.760 warga akan mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan Rabu, 6 Maret 2024.

Syafrin menjelaskan, Pemprov DKI bakal menyediakan 259 bus pada 4 April 2024 untuk memberangkatkan belasan ribu warga yang mengikuti program mudik lebaran gratis tersebut. Sementara itu, ada 210 bus yang disediakan secara gratis untuk arus balik. 

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Photo :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti

Tak hanya menyediakan mudik gratis, Pemprov DKI juga bakal memberangkatkan motor milik warga yang ikut mudik gratis. Motor-motor ini nantinya akan diberangkatkan menggunakan 13 unit truk.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Lalu, terdapat 10 truk yang disediakan untuk mengirim motor itu ke ibu kota. Ia mengatakan, terdapat beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik gratis dari Pemprov DKI ini. "Terdapat 19 kota atau kabupaten yang menjadi tujuan mudik Lebaran 2024 yang tersebar di enam provinsi," katanya.

Syafrin mengatakan, pihaknya akan melakukan pra-pamp check untuk kendaraan mudik gratis sebagai bentuk kesiapan dalam program tersebut. Pra-ramp check akan berlangsung di beberapa terminal tipe A di Ibu Kota.

"Pra-ramp check akan dilaksanakan mulai tanggal 21 Februari 2024 sampai dengan 31 Maret 2024 dan dilanjutkan selama angkutan lebaran berlangsung," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya