Pecat 27 RT-RW Gara-gara Anak Kalah Pileg, Kades di Tangerang Akan Dibina

Camat Sindang Jaya, Galih Prakosa melalukan pertemuan dengan Kades Wanakerta, Tumpang Sugian dan perangkat desa setempat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Camat Sindang Jaya, Galih Prakosa akan melakukan pembinaan terhadap Kepala Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Tumpang Sugian, yang melakukan pemecatan sepihak kepada  27 ketua RT-RW di wilayahnya.

Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Galih mengatakan, saat ini tahapan atas kasus tersebut, pihak kecamatan akan mempertemukan kedua belah pihak, yakni ketua RT-RW dan Kades Wanakerta.

"Soal kasus itu, saya sudah bertemu dengan kedua belah pihak. Pertama dengan RT-RW saya sudah mendapatkan keterangan mereka soal pemecatan, lalu ke kadesnya juga sudah. Dan nanti tahap ketiga, akan dipertemukan keduanya. Langkah ini supaya mencairkan suasana kembali antar lembaga itu. Yang terakhir, baik dari kades dan perangkat desa akan dibina," katanya saat dikonfirmasi, Jumat, 8 Maret 2024.

Kades Wanakerta, Tumpang Sugian

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Dia melanjutkan, Tumpang mengakui pemecatan itu dilakukannya karena sakit hati, sang putra gagal dalam pemilihan legislatif (Pileg) di Pemilu 2024. Seluruh RT-RW yang dipecat itu, memiliki perolehan suara yang rendah untuk putranya Solihin dalam perebutan kursi anggota DPRD Kabupaten Tangerang.

"Yang dipecat gak semua. Makanya, kami (kecamatan) bertemu dengan kadesnya, memberitahu juga soal aturan, regulasi pemberhentian di Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2021 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa, dan beliau memahami dan siap mengikuti arahan saya untuk membatalkan surat pemberhentian," ujarnya.

Sebelumnya, keputusan Kepala Desa Wanakerta, Tumpang Sugian, ini menjadi perbincangan setelah memecat ketua RT-RW yang berada di area perumahan.

Dia mengemukakan, pemecatan itu lantaran dia kecewa  atas kekalahan sang putra pada pemilihan legislatif di Pemilu 2024. "Dua minggu  sebelum pelaksanaan pemilu saya undang RT-RW, saya suruh mendata ada berapa hak pilih yang ada di Desa Wanakerta , itu ada 15 ribu pemilih,” ujarnya.

Saat dikumpulkan, terjadi kesepakatan dan hal yang dijanjikan antara RT-RW dan dirinya untuk bisa memilih Solihin, putranya di Pileg 2024. Namun nyatanya, caleg yang diusung PDIP itu kalah sehingga membuat Tumpang, sang ayah mengamuk.

"Kalau ketua RT-RW gak sepaham dengan kades buat apa? Paling pertama kalo dapat apa-apa RT-RW yang saya panggil, tapi dengan kejadian kemaren saya sakit (hati) banget," ujarnya.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam rapat konsolidasi PDIP Majalengka

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Langkah strategis PDIP, akan diambil dalam forum Rakernas partai diakhir Mei 2024. Termasuk dalam mempersiapkan gelaran pilkada serentak 2024. Juga soal dinamika politik.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024