KPU dan Bawaslu Akan Didemo Lagi, Lebih dari Seribu Aparat Dikerahkan ke Lokasi

Pengamanan Demo di KPU dan Bawaslu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta -- Sekelompok masyarakat bakal melakukan demonstrasi terkait dengan hasil proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dan Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), hari ini.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Untuk itu, polisi mengatakan akan memperketat pengamanan di sana. Sebanyak 1.197 personel gabungan dikerahkan guna melakukan pengamanan di sekitar Bawaslu RI dan KPU RI.

Hal itu diungkapkan Wakapolres Metro Jakarta Pusat, Ajun Komisaris Besar Polisi Anton Elfrino Trisanto. "Kami menggunakan pola-pola persuasif, kami juga mempercayai bahwa teman-teman yang nanti akan melaksanakan aksi juga membawa suasana yang damai dan tertib, itu yang kami harapkan," kata dia, Jumat 15 Maret 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Ilustrasi Kantor Bawaslu RI

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dia mengimbau agar massa yang mengikuti aksi tersebut menjaga ketertiban dan kedamaian supaya unjuk rasa berjalan aman. Selain itu, karena letak kantor Bawaslu RI berada di persimpangan jalan, pihak kepolisian pun akan menerapkan pengalihan arus lalu lintas.

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan

Begitu juga di kantor KPU RI, arus lalu lintas bakal dialihkan. Namun, dia mengatakan, pengalihan arus lalu lintas sifatnya situasional. Anton menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi. "Mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis," katanya lagi.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih pada Oktober 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024