KPU: Sebaiknya DKI Pilih Pemilukada Langsung

Pilkada Jatim
Sumber :
  • Antara/Saiful Bahri

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyarankan agar pemilukada DKI Jakarta tahun 2012 dilaksanakan secara langsung seperti pada 2007 lalu. Menurut anggota KPU, Endang Sulastri, selain lebih efektif dan efisien, juga sesuai dengan azas demokrasi dibanding pemilihan oleh Dewan Permusyawaratan Rakyat Daerah  (DPRD).

"Kalau menghargai demokrasi ya pemilu langsung. Demokrasi itu berproses. Pemilihan langsung itu juga memiliki beberapa keunggulan," ujar Endang Sulastri di Jakarta.

Endang mengatakan beberapa keunggulan jika rakyat memilih langsung di antaranya adalah memperkuat legitimasi, menjamin terpilihnya pemimpin yang baik dan bertanggung jawab serta berpihak pada rakyat. Meski begitu, kata dia, sistem itu juga memiliki kelemahan seperti biaya tinggi, rawan konflik serta terjadinya politisasi birokrasi. "Pemilu langsung tetap harus dijalankan tapi dilakukan perbaikan dalam pelaksanaannya," ungkapnya.

Karena dipilih secara langsung, lanjutnya, KPU juga mewajibkan bakal calon kepala daerah sehat jasmani dan rohani. Keputusan sehat nantinya akan dikeluarkan oleh tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia.

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

"Kesehatan merupakan keputusan final. Kalau sudah dinyatakan sehat, KPU juga tidak punya hak untuk mencoret," tuturnya.

Sementara untuk mengatasi masalah yang sempat terjadi pada pemilihan sebelumnya, KPU berencana melakukan perubahan pada mekanisme pemeriksaan kesehatan. Jika sebelumnya pemeriksaan kesehatan dilakukan setelah pendaftaran, tahun depan pemeriksaan akan dilakukan sebelum pendaftaran. "Untuk masalah tempat pemeriksaan kesehatan, rumah sakitnya KPU yang menunjuk," terang Endang. (eh)

Pertandingan Liga1 pekan ke-33, Persis Solo vs Persita Tangerang

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Tim tuan rumah, Persis Solo harus mengakui keunggulan tamu mereka, Persita Tangerang dengan skor 1-2 dalam pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan Solo Jumat 26/4

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024