Semarak HUT Jakarta di Kantor Foke

Festival Ondel-ondel.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Perayaan HUT Jakarta ke-484 di Balai Kota DKI Jakarta berlangsung semarak. Berbagai ornamen khas Betawi dipasang untuk memeriahkan peringatan hari jadi ibu kota ini.

Tak hanya itu, untuk memeriahkan HUT Jakarta, seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta diwajibkan mengenakan baju kebaya bagi pegawai perempuan dan koko untuk para pegawai pria.

Menurut Kepala Bidang Informasi Publik Pemprov DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, mengenakan kebaya bagi pegawai perempuan dan baju koko bagi pegawai pria merupakan sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahunnya tepat di hari jadi kota ini.

"Setiap HUT Jakarta memang seluruh pegawai mengenakan pakaian tradisional ini, menyambut HUT Jakarta sekaligus ikut memeriahkan," ujar Cucu kepada VIVAnews.com di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 22 Juni 2011.

Cucu mengatakan, selain bertujuan untuk menyemarakkan hari jadi kota Jakarta, penggunaan kebaya dan baju koko ini juga bertujuan untuk menonjolkan nilai budaya betawi.

Justin Bieber dan Hailey Baldwin Bakal Punya Anak!

Sementara itu dari pantauan VIVAnews.com kesemarakkan perayaan HUT Jakarta mulai terasa saat warga mulai masuk ke area Balai Kota, tempat Gubernur Fauzi Bowo alias Foke berkantor. Di kantor yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan itu, penuh dihiasi berbagai ornamen. Bahkan, boneka raksasa khas Jakarta, ondel-ondel, telah berpose menyambut para karyawan dan pengunjung yang datang di kantor ini.

Tak hanya di balai kota, di Gedung DPRD DKI Jakarta yang terletak di Jalan Kebon Sirih pun juga tampak meriah. Di depan pintu masuk DPRD DKI misalnya, terdapat dua pasang ondel-ondel yang dipajang untuk menyambut kedatangan sejumlah tamu yang hendak mengikuti berbagai kegiatan di gedung wakil rakyat ini. Alunan gambang kromong juga terdengar hingga ke luar kawasan Gedung DPRD DKI. Sejumlah wisatawan asing pun tampak tertarik menyaksikan ketidakbiasaan ini dan ikut berfoto bersama ondel-ondel tersebut.

Seperti diketahui sesuai jadwal pada hari ini, digelar Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-484 Jakarta di gedung DPRD DKI Jakarta. Selain jajaran pejabat Pemprov DKI dan DPRD DKI, juga tampak hadir mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, anggota DPR RI dapil Jakarta, anggota DPD RI dapil Jakarta dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (eh)

AS Ancam Setop Kirim Senjata ke Israel Jika Nekat Serang Wilayah Rafah
Penyerang Guinea U-23, Algassime Bah (nomor 12)

Bikin Timnas Indonesia U-23 2 Kali Dihukum Penalti, Algassime Bah Ungkap Isi Hatinya

Timnas Indonesia U-23 mendapat dua hukuman penalti ketika menghadapi Timnas Guinea U-23 dalam play-off Olimpiade Paris 2024. Algassime Bah angkat bicara.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024