60 Persen Penghuni LP Terkait Narkoba

Pengungkapan Jaringan Narkoba
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Sutarman, mengakui sekitar 60 persen penghuni Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia terkait narkoba. Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat melawan narkoba.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

"Narkoba harus diberantas dari bumi Indonesia," kata dia usai menghadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2011 di silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu 26 Juni 2011.

Meski begitu, lanjutnya, perang melawan bahaya narkoba tidaklah mudah. Apalagi  bahan pembuatnya (prekursor) sudah ada di Indonesia. "Sekarang masalahnya prekursornya ada di Indonesia. Jadi orang semakin mudah membuat ekstasi dan shabu," jelas dia.

Jenderal bintang dua itu berjanji jajarannya akan terus memerangi peredaran narkoba terutama di cakupan Polda Metro Jaya.

"Kami sering melakukan razia seperti di tempat hiburan, tapi kemudian pelaku lari ke rumah-rumah, hotel, apartemen, dan kos-kosan. Itu yg lebih bahaya lagi, tapi kami akan terus razia," jelasnya.

Sutarman menjelaskan, meski penegakan hukum di Indonesia dirasa sudah tegas dan keras, nyatanya belum membuat para pengedar dan pembuat narkoba jera. "Meski yang dihukum mati sudah begitu banyak tapi dari penegakan hukum tidak menimbulkan dampak jera terhadap pelaku pengedar atau pembuat," katanya.

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Pol Nugroho Aji Wijayanto, mengatakan dalam satu bulan terakhir, polisi mengungkap 260 kasus narkotika dari penggerebekan di lima wilayah Jakarta.

Sedangkan untuk pengungkapan yang dilakukan Polda Metro Jaya bersama Kepolisian Resor atau Kepolisian Sektor bisa mencapai 700 kasus setiap bulannya. Angka tertinggi pengungkapan kasus narkoba terjadi di Jakarta Barat. "Bahkan dalam sebulan jumlah kasus narkoba bisa di atas 100 kasus yang diungkap di Jakarta Barat," ungkapnya.

Dia menambahkan, tempat kedua terbanyak aalah Jakarta Pusat. "Di Jakarta Barat dan Pusat banyak pengungkapan karena di sana banyak tempat hiburan, pengguna, dan pengedar," ujarnya.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe
Booth Suzuki di IIMS 2024

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

PT Suzuki Indomobil Sales mengumumkan ada kenaikan penjualan 14 persen, di kuartal pertama 2024 dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh beberapa faktor.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024