DKI Perpanjang Kontrak Operator Koridor I

Bus TransJakarta tengah mengambil penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Kontrak operator Transjakarta Koridor I (Blok M-Kota) berakhir akhir bulan lalu. Namun, Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta tidak membuka kembali lelang, melainkan memperpanjang kontrak operator yang dikelola Jakarta Express Trans (JET) hingga 2013 per 14 Juni lalu.

Kepala BLU Transjakarta, Muhammad Akbar mengatakan ada dua alasan perpanjangan kontrak dilakukan. Pertama, menurut dia armada yang ada saat ini masih layak untuk terus beroperasi. Dan kedua, bus pengganti hingga saat ini masih belum ada.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

"Seharusnya dalam jangka waktu tujuh tahun bus sudah harus diremajakan. Namun mengingat kedua faktor itu maka pengoperasian bus diperpanjang," ujar Akbar di Jakarta, Jumat, 1 Juli 2011. Dinas Perhubungan DKI Jakarta sempat akan melelang guna menjaring operator baru. Namun karena bus pengganti belum tersedia, maka rencana itu dibatalkan.

Akbar menjelaskan, kontrak kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan operator koridor I terjalin sejak tujuh tahun lalu atau tepatnya pada 2004.

Berdasarkan pengamatan VIVAnews.com, kondisi armada Transjakarta koridor I sudah tidak layak. Bahkan beberapa di antaranya ada yang pintunya sudah tidak bisa ditutup. Menanggapi masalah itu, Akbar membantah pihak BLU tidak memperhatikan masalah sarana busway.

"Jika ada gangguan armada pasti diperbaiki. Perbaikan juga rutin dilakukan setiap 5 ribu kilometer atau rata-rata 15 sampai 20 hari setiap busnya," kilahnya.

Menurut Akbar, untuk bus pengganti nantinya akan disediakan sebanyak 51 bus gandeng pada 2012. Sehingga diharapkan dapat mengangkut penumpang lebih banyak lagi dan meningkatkan pelayanan penumpang. Saat ini koridor I memiliki 90 bus single.

"Tahun depan kami akan sediakan 66 bus gandeng untuk pengganti armada yang sudah tidak layak lagi. 51 bus di koridor I dan 15 lainnya untuk koridor VIII (Lebakbulus-Harmoni)" terangnya. (umi)

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak
Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong tak lantas puas 100 persen saat berhasil mengalahkan Korea Selatan U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024