H-4 Hingga H+1, Truk Dilarang Melintas

Truk melintas di Jalan Tol Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melarang angkutan berat seperti, truk kontainer dan truk gandeng melintasi seluruh ruas jalan Ibukota, baik jalan arteri maupun jalan protokol pada H-4 hingga H+1 lebaran atau tanggal 26-30 Agustus 2011.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Larangan ini juga berlaku di daerah lain karena mengacu pada keputusan Kementerian Perhubungan tentang pengaturan lalulintas dan pengaturan kendaraan angkutan barang pada masa angkutan lebaran 2011. Larangan itu diambil guna mengantisipasi kemacetan yang ditimbulkan akibat lonjakan arus mudik tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan ada pengecualian bagi kendaraan pengangkut bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar gas (BBG), ternak, bahan pokok, pupuk, susu murni, dan barang antaran pos.

Sebab, kata dia, jika dilarang melintas dikhawatirkan akan terjadi kelangkaan bahan kebutuhan pokok. Akibatnya, bisa saja terjadi kenaikan harga dan mengganggu stabilitas ekonomi Ibukota.

Sementara, untuk pengangkutan barang ekspor dan impor dengan kontainer dari dan ke pelabuhan serta sebaliknya, juga tidak diperbolehkan beroperasi. Kecuali mendapat persetujuan tertulis atau dispensasi dari Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Dengan menetapkan ruas jalan yang dilalui dan jadwal beroperasi," kata Pristono di Jakarta.

Dia menambahkan larangan ini sudah disosialisasikan kepada para pengusaha angkutan berat. Umumnya mereka sudah mengerti dan memahami larangan itu, karena sudah diberlakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya, di Jakarta juga telah dilakukan pembatasan jam operasional angkutan berat di jalan tol dalam kota, salah satunya di tol Cawang-Tomang. Dengan pengaturan itu, angkutan berat dilarang melintas dari pukul 05.00-22.00. "Ini juga salah satu langkah kita untuk mengatasi kemacetan di Jakarta," ujar Pristono.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024