Sulit Air, Warga Berburu ke Pencucian Mobil

Tanggul Kali Malang Jakarta yang jebol didam sementara
Sumber :
  • Antara/ Dhoni Setiawan

VIVAnews - Terganggunya pasokan air bersih untuk pelanggan perusahaan air minum PT Aetra Air Jakarta, membuat sebagian warga Ibukota berjibaku mencari alternatif lain. Mulai dari mencari di sumber air milik bengkel pencucian mobil hingga membeli air kemasan galon.

Seperti yang dilakukan Kiagus Rahman (35), warga Pejompongan, Jakarta Pusat. Untuk memasok kebutuhan air bersih keluarganya, ia terpaksa harus mencari air hingga ke tempat bengkel pencucian mobil yang ada di kawasan Setiabudi.

"Kalau mau beli air galon harganya cukup mahal dan antreannya cukup panjang. Lebih baik cari yang lebih mudah dan gratis, meski lokasi mendapatkan air bersih cukup jauh dari rumah," katanya saat berbincang dengan VIVAnews, di Jakarta, Sabtu 3 September 2011.  

Menurutnya, cara itu dilakukan mengingat pemilik bengkel pencucian mobil merupakan salah satu kerabatnya. "Kebetulan itu punya kerabat saya, dan menggunakan air tanah. Daripada bingung harus mengantre lama, lebih baik mengambil air dari sana," ungkapnya.

Bahkan, ia juga mengajak para tetangganya yang mengalami nasib serupa dengan dirinya. "Tetangga juga saya ajak mengambil air dari sana. Biasanya kita hanya bermodal beberapa galon kosong untuk mengangkut air," papar Kiagus.

Dirinya berharap kondisi segera berakhir, agar warga Jakarta khususnya pelanggan PT Aetra, bisa kembali mendapatkan suplay air bersih. "Kalau terus seperti ini, kami lelah juga," keluh dia.

Sementara itu, Ridwansyah, penjual air galon di kawasan Benhil, Jakarta Pusat, mengaku penjualan air galonnya meningkat dua kali lipat dari hari biasa. Sejak Rabu 31 Agustus 2011, air galonnya dalam sehari bisa terjual hingga 200 galon. “Biasanya hanya laku 100 galon per hari,” katanya.

Kendati mengalami peningkatan, ia tidak menaikkan harga air galon yang dijualnya. "Tidak, harganya masih sama seperti biasanya Rp3.000 per galon,” tegas dia.

Ditambahkan dia, sejauh ini pasokan air galon yang didapatkannya dari kawasan puncak, Bogor, tidak mengalami gangguan.

Diketahui, perusahaan penyedia air bersih, PT Aetra Air Jakarta, mengumumkan penurunan suplai air bersih hingga 37 persen. Ini disebabkan jebolnya tanggul Kanal Tarum Barat di Kalimalang, Jakarta Timur, sejak Rabu malam, 31 Agustus 2011. (sj)

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama
Pasar mobil bekas

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Toyota Fortuner pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2005. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2009.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024