DKI Segera Terapkan Program Anti Tawuran

Tawuran
Sumber :
  • Budi Satria (antv)

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, hari ini menyatakan program penyelesaian konflik antarwarga bakal dilaksanakan sebelum akhir tahun ini. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan program jangka pendek dan jangka panjang.

“Kalau bisa tahun ini, kenapa harus menunggu tahun depan,” ujar Fauzi Bowo di Balaikota DKI Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2011. Untuk menyelesaikan masalah ini, Pemprov DKI menerima masukkan dari tiga sosiolog. Di antaranya, Paulus Wirutomo, Imam Prasojo dan Musni Umar.

Menurut hasil kajian mereka, untuk menyelesaikan konflik, metode pendekatan berbasis komunitas dirasa paling cocok digunakan. "Dan ini membutuhkan partisipasi aktif dari warga. Saya mendukung,” kata gubernur.

Selain itu, rencana jangka panjang berupa rekrutmen tenaga kerja, peningkatan kualitas tenaga kerja dan perbaikan lingkungan.

"Namun untuk menentukan jangka waktu program dan rencana detail, masih butuh satu kali pertemuan untuk menentukan time line dan who's doing what,” jelas Gubernur Fauzi.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Tidak Sadar

Sosiolog Paulus Wirutomo mengatakan dalam penelitian itu warga yang sering bentrok tak pernah tahu penyebab tawuran. “Kalau mereka semua tidak tahu penyebabnya, itu karena penyebabnya sangat kompleks. Mereka jadi tidak sadar apa yang sebenarnya jadi penyebab tawuran,” kata Paulus.

Menurut dia, keadaan ekonomi, pengangguran tinggi dan tak tersedianya ruang interaktif merupakan sebagian penyebab konflik. “Selain itu masih banyak lagi, seperti kebijakan yang tak sesuai, provokasi, pencarian jati diri,” tuturnya.

Sosiolog lain, Imam Prasodjo, mengungkapkan hasil penelitiannya yang melibatkan warga yang berkonflik. “Mereka kami ajak berpikir sebagai pihak lain, selama ini kan mereka hanya memikirkan diri sendiri. Pada akhirnya mereka saling berkenalan dan punya usulan sendiri (untuk menghentikan tradisi tawuran),” ungkap Imam.

Imam juga mengadakan dialog dengan mengajak warga Johar Baru ke kawasan Bonang dan warga Pasar Manggir ke Matraman. “Jadi mereka mendengar pengalaman warga lain yang dulu sering tawuran dan sekarang sudah berhenti,” terang Imam. (ren)

Viral keribuatan Avsec Bandara Soetta dengan penumpang

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Perselisihan antara petugas aviation security atau avsec dengan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024