BLU Bidik Sopir Busway Berpendidikan Tinggi

Bus TransJakarta tengah mengambil penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang, Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta saat ini tengah mengkaji menaikkan upah sopir busway 2,5 kali lipat.

"Kami tengah merencanakan untuk meningkatkan gaji sopir TransJakarta dari Rp2 Juta menjadi Rp5 Juta," ujar Kepala BLU TransJakarta, M. Akbar Kepada VIVanews.com di Jakarta.

Namun ia mengatakan, kenaikan upah sopir masih membutuhkan waktu dikarenakan perlu adanya perubahan-perubahan dari segi regulasi dan administrasi. "Kontrak dan peraturan pasti ada yang dirubah, dan untuk rubah itu perlu kajian," tambahnya.

Akbar mengatakan, kenaikan ini akan dimulai pada Koridor XI Jurusan Pulo Gebang Kampung Melayu. "Kami akan mulai dari koridor yang baru, karena aturannya dimulai dari awal," jelas dia.

Menurutnya kenaikan gaji bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bus TransJakarta dan menekan angka kecelakaan yang disebabkan karena kelalaian sopir.

"Kami berharap mereka punya motivasi yang baik. Dia akan berpikir ulang untuk ugal-ugalan. Kalau dipecat, ia akan sulit mencari pekerjaan dengan gaji setinggi itu," tuturnya.

Dia memperkirakan upah yang tinggi dapat menarik orang-orang yang berpendidikan tinggi untuk berprofesi sebagai sopir busway.

"Pendidikan bebas, mau SD, SMP. Tetapi dengan gaji Rp5 juta, orang berpendidikan tinggi pasti akan tertarik geluti profesi ini," imbuh Akbar. (eh)

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024