Lanud Halim Dibuka Untuk Warga Saat Banjir

Banjir di Cawang, Jakarta Timur
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengaku telah melakukan komunikasi dengan pihak Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma untuk membuka pintu yang biasa digunakan warga sekitar untuk mengungsi saat banjir.

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya

Dia menjamin lahan di lokasi pangkalan tersebut dapat digunakan saat kondisi terburuk sewaktu-waktu terjadi.

"Warga Pinang Ranti, mereka biasanya kalau air kali Cipinang naik, bisa mengungsikan barangnya ke pangkalan Halim. Sekarang itu ditutup pintunya sehingga mereka tak bisa masuk. Tapi saya sudah komunikasi ke komandan pangkalan, beliau setuju," ujar Fauzi Bowo di Balaikota DKI Jakarta, Selasa, 8 November 2011.

Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, mengatakan jika sewaktu-waktu banjir melanda kawasan pemukiman warga sekitar, maka yang berwenang membuka pintu lokasi evakuasi tersebut adalah kepala provost dan camat setempat.

"Sudah disepakati seperti itu mekanismenya," tambahnya.

Kemudian, untuk masalah antisipasi banjir lainnya, seperti di kawasan pemukiman IKPN, Pesanggrahan, Foke mengatakan pembuatan waduk masih menghadapi kendala.

"Proses berjalan tapi sampai sekarang belum selesai karena sertifikatnya masih Tangerang, jadi harus dikonversi ke DKI Jakarta baru bisa kita bayar. Kalau tidak,  ya tak bisa dibayar," ungkapnya.

Dia mengatakan saat ini proses normalisasi beberapa sungai telah berjalan.

"Kali Pesanggrahan masih berlanjut, kali Sunter hulu juga pembebasannya sudah dilakukan, tapi kan masih belum tuntas jadi masih akan ada genangan di tempat-tempat yang biasa tergenang," tuturnya.

"Tapi saya harapkan tak separah tahun sebelumnya. Lebih cepat airnya turun, karena pembebasan sudah, dilebarkan, meski belum diturap karena nanti pemerintah pusat baru menurap setelah selesai pembebasan," tandasnya. (adi)

Kemenkominfo mengadakan kegiatan chip in

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Jarimu Harimaumu” pada tanggal 26 April 2024 di Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024