Foke: Rumah Cantik Menteng Tak Boleh Diubah

Rumah di kawasan Menteng
Sumber :
  • bagusminds.wordpress.com

VIVAnews - Rumah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat  ini dijuluki 'Rumah Cantik'. Namun cerita rumah cantik yang  dibangun di masa kolonial Belanda itu tinggal masa lalu. Rumah dengan taman asri itu kini tampak porak poranda. Jendela-jendelanya kini tinggal rangka. Atapnya terbuka, hancur dan tidak terawat.

Rumah berlokasi di Jalan Teuku Cik Di Tiro ini, sebetulnya masuk dalam daftar 'cagar budaya' Pemprov DKI Jakarta. Namun sejak delapan bulan lalu, satu per satu bagian rumah yang sudah ditawarkan pemiliknya sejak akhir 2007 ini, dibongkar.

Pembongkaran rumah yang sering digunakan untuk syuting film dan iklan itu ditanggapi serius Gubernur DKI Fauzi Bowo. Menurut Foke di sela apel besar antisipasi banjir Jakarta yang diselenggarakan di Monas, Rabu 30 November 2011, sebetulnya rumah yang selama berpuluh tahun dihuni keluarga Sari Shudiono itu tidak termasuk cagar budaya, dalam arti seperti museum nasional.

"Itu berbeda, yang syaratnya (rumah cantik) tidak boleh dibongkar habis, tidak boleh diganti total arsitekturnya," kata Foke.

Kasus rumah cantik itu kini ditangani Dinas Pengawasan dan Penataan Bangunan bersama tim Cagar Budaya Pemprov DKI Jakarta. Tim yang akan menilai status rumah yang sudah berpindah tangan dari pemilik lama ke pemilik baru itu. "Nanti akan diteliti dulu, baru akan diberi izin apakah itu boleh dibongkar habis atau tidak," kata Foke.

Foke menyayangkan rumah yang cantik dan menarik itu kini ditelantarkan pemiliknya begitu saja. "Jadi saya imbau sebaiknya pemiliknya itu kembali ke jalan yang benar," kata Foke berharap.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024