Foke: Tak Ada Tanggul Roboh di Jakarta Utara

Banjir rob di Jakarta Utara
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membantah kabar adanya tanggul yang jebol di kawasan utara pantai Jakarta. Akibat tanggul jebol itu, sejumlah kawasan di Jakarta Utara tergenang banjir rob.

"Tidak ada tanggul yang roboh. Level tertinggi kenaikan air itu 250 centimeter, standarnya 3 meter. Tapi karena ada angin yang cukup kencang jadi keluar airnya," kata Foke begitu dia disapa usai apel kesiapsiagaan banjir di Silang Monas, Jakarta, Rabu, 30 November 2011.

Saat ini masih banyak perumahan di kawasan itu yang belum dibangun, sehingga tanggulnya juga belum dibangun. "Ini sisi selatan. Yang di sisi utara, karena ada sistem polder jadi kering," jelasnya.

Foke mengaku telah melaksanakan rapat dengan para ahli penanggulangan banjir terkait masalah tersebut. Hasil pembahasan itu menyatakan untuk sementara waktu, standar tanggul setinggi 3 meter masih bisa memadai.

Namun, lanjutnya, sejak kejadian banjir rob setinggi 250 sentimeter ini harus menambah ukuran dan kekuatan tanggul. Hal ini menurut Foke dalam 5 tahun ke depan harus ada penyelesaian secara makro, salah satunya dengan membangun Tanggul Laut Raksasa atau Giant Sea Wall.

"Ada land subsidence (penurunan muka air tanah). Penyediaan air bersih harus ada mutlak beberapa tahun ke depan. Meski ekstraksi berhenti, land subsidence tetap akan terjadi, cuma perlahan," tandasnya. (umi)

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?
Viral keribuatan Avsec Bandara Soetta dengan penumpang

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Perselisihan antara petugas aviation security atau avsec dengan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024